Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Keperawatan Melalui Bedah Buku SDKI, SLKI, dan SIKI Untuk Penguatan Asuhan Keperawatan Profesional

Puput Risti Kusumaningrum(1*), Ratna Agustiningrum(2), Arlina Dhian Sulistyowati(3), Devi Permata Sari(4)

(1) Universitas Muhammadiyah Klaten
(2) Universitas Muhammadiyah Klaten
(3) Universitas Muhammadiyah Klaten
(4) Universitas Muhammadiyah Klaten
(*) Corresponding Author

Abstract


Standar Diagnosa Keperawatan Indonesia (SDKI), Standar Luaran Keperawatan Indonesia (SLKI), dan Standar Intervensi Keperawatan Indonesia (SIKI) merupakan landasan penting dalam pelaksanaan asuhan keperawatan profesional di Indonesia. Namun, pemahaman mahasiswa keperawatan terhadap penerapan ketiga standar tersebut masih terbatas, terutama dalam mengintegrasikannya secara sistematis dalam proses keperawatan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa keperawatan melalui kegiatan bedah buku SDKI, SLKI, dan SIKI. Metode yang digunakan adalah ceramah interaktif, diskusi kelompok, serta simulasi studi kasus berbasis standar keperawatan nasional. Kegiatan ini dilaksanakan pada mahasiswa program studi DIII Keperawatan sebanyak 38 responden dalam mempersiapkan diri untuk praktik klinik. Metode yang digunakan dalam kegiatan yaitu pre post test tanpa kelompok kontrol. Didapatkan hasil sebelum dilakukan bedah buku dengan pengetahuan kurang sebanyak 22 (57,9%) responden, cukup sebanyak 11 (28,9%) responden, dan baik sebanyak 5 (13,2%) responden. Setelah diberikan bedah tingkat pengetahuan responden menjadi pengetahuan kurang sebanyak 2 (5,2%) responden, cukup sebanyak 5 (13,2%) responden, dan baik sebanyak 31(81,6%) responden. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam menyusun diagnosis keperawatan, menetapkan luaran, serta memilih intervensi yang sesuai secara evidence-based. Kegiatan ini diharapkan dapat mendukung penguatan kapasitas mahasiswa dalam memberikan asuhan keperawatan yang aman, efektif, dan sesuai standar nasional.


Keywords


Bedah Buku; SDKI, SLKI, SIKI; Proses Keperawatan

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan RI, Pedoman Standar Keperawatan Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2020.

S. Sari, N., & Wahyuni, “Pemahaman Mahasiswa Keperawatan terhadap SDKI, SLKI, dan SIKI dalam Praktik Klinis,” J. Keperawatan Indones. 45-52, vol. 15(2), pp. 45–52, 2021.

D. Hidayati, “Keterbatasan Penerapan SDKI, SLKI, dan SIKI dalam Praktik Keperawatan oleh Mahasiswa: Studi Kasus di Program Studi DIII Keperawatan,” J. Pendidik. Keperawatan Indones., vol. 19 (3), pp. 115–123, 2022.

R. Sudirman, A., & Fitria, “Peningkatan Kompetensi Keperawatan melalui Penggunaan SDKI, SLKI, dan SIKI pada Mahasiswa Keperawatan,” J. Pendidik. Keperawatan, vol. 18 (1), pp. 32–39, 2022.

S. Sari, R. A., Putri, F. D., & Wijaya, “Faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman mahasiswa tentang standar keperawatan Indonesia,” J. Keperawatan, vol. 12 (4), pp. 201–209, 2020.

J. A. Bonwell, C. C., & Eison, Active learning: Creating excitement in the classroom. Washington, D.C.: The George Washington University, 1991.

S. Kusuma, R. P., & Salim, “Pengaruh metode bedah buku terhadap pemahaman standar keperawatan di kalangan mahasiswa,” J. Pendidik. Keperawatan, vol. 10(1), pp. 34–42, 2023.

N. Hidayati, “Penerapan pembelajaran berbasis studi kasus dalam meningkatkan keterampilan klinik perawat,” J. Keperawatan Indones., vol. 16(2), pp. 98–105, 2022.

H. S. Barrows, Problem-based learning applied to medical education. Springfield, IL: Southern Illinois University Press, 2000.

P. R. Kusumaningrum, “Penerapan 3S (SDKI, SLKI, SIKI) dalam Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit,” J. Abdi Masy. Indones., vol. 2, no. 2, pp. 577–582, 2022, doi: 10.54082/jamsi.293.

V. A. Awaliyani, A. Pranatha, and N. Wulan, “Pengaruh Penggunaan Buku Sdki, Slki Dan Siki Terhadap Peningkatan Pengetahuan Perawat Dalam Membuat Dokumentasi Keperawatan Berbasis Sdki, Slki Dan Siki Di Rumah Sakit Kmc Kuningan Tahun 2021,” J. Nurs. Pract. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 22–32, 2021, doi: 10.34305/jnpe.v2i1.334.

S. S. Tri Wahyuliati, Regina Vidya Trias Novita, “Efektivitas Pelatihan 3S (SDKI, SLKI, SIKI) pada Perawat Pelaksana Terhadap Kesesuaian Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di RS X Jakarta dan Bogor,” JPPNI, 2024.

M. R. U. Yulia Febrianita, “Analisis Pengetahuan Perawat terkait 3S (SDKI, SLKI, SIKI ) dan Penggunaan Dalam Asuhan Keperawatan Di RSUD X Siak Sri Indrapura,” J. Menara Med., vol. 7, no. 1, pp. 95–105, 2024.




DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v8i3.552

Article Metrics

Abstract viewed : 0 times
PDF files downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: http://creativecommons.org/licenses/by/2.0/

Copyright of Jurnal Pengabdian Kesehatan. ISSN: 2614-3593 (Print) and 2614-3607 (Online). 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License