Optimalisasi Umkm Sehat Melalui Metode Design Thinking dan Digitalisasi Keuangan Untuk Meningkatkan Omset Penjualan UMKM Warga Muhammadiyah Juwana Kabupaten Pati

Syahrial Aman(1*), Sukma Wijayanti(2), Diana Tri Lestari(3), Sri Hindriyastuti(4)

(1) Universitas Muhammadiyah Kudus
(2) Universitas Muhammadiyah Kudus
(3) Universitas Muhammadiyah Kudus
(4) Institut Teknologi Kesehatan Cendekia Utama Kudus
(*) Corresponding Author

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berkembang dengan cepat dan terus meningkat jumlahnya setiap tahun. ]. Dalam proses perkembangan UMKM tersebut seringkali menghadapi permasalahan yang umum dialami diantaranya: terbatasnya jumlah modal, proses urusan perizinan, proses pembayaran pajak, banyaknya pelaku UMKM masih gagap teknologi serta kurangnya inovasi dalam pengembangan usaha yang tidak terelakkan Melalui program Pengabdian Masyarakat (PKM) hibah riset Muhammadiyah ini, tim PKM berfokus pada peningkatan omset penjualan Unit Usaha Mikro Kecil dan Menengah warga Muhammadiyah Juwana dengan pendekatan design Thinking  dan digitalisasi keuangan dalam rangka meningkatkan omset penjualan UMKM tersebut. Melalui Metode wawancara dan kualitatif, setelah menemukan masalah yang dihadapi oleh UMKM Muhamamdiyah Juwana, kegiatan PKM  ini terbagi dalam empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pemberian materi (workshop), tahap pendampingan dan tahap pelaporan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan hamper seluruh UMKM (80-90%) mampu memahami segmen market sesuai dengan kebutuhan keinginan konsumen, mampu membuat produk yang inovatif dan kreatif, mampu memasarkan produk melalui digitalisasi pemasaran, mampu melayani konsumen dengan baik, serta mampu membuat pencatatan keuangan melalui aplikasi keuangan dompetku.

Keywords


Design Thingking; Digitalisasi Penjualan; Omset Penjualan; UMKM Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References


Databooks. (2023, Oktober 13). Usaha Mikro Tetap Merajai UMKM, Berapa Jumlahnya ?(Kata Data Media Network) Dipetik April 11, 2024, dari databooks.katadata.co.id: https://databooks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/13/usaha-mikro-tetap-merajai-umkm-berapa-jumlahnya#:-text=kementrian%20mikro/

Sriwiyanti, E., Purba, D. S., Tarigan, W. J., Martina, S., Tarigan, V., Saragih, M., ... & Utami, C. (2023). Pendampingan Kelompok Tani Usaha Budidaya Jamur Tiram Dalam Menyusun Laporan Keuangan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3171-3176

Sandi, 5 permasalahan UMKM yang serinng terjadi dan solusinya, https://www.online-pajak.com/seputar-pph-final/permasalahan-umkm

Sudrartono, T., Nugroho, H., Irwanto, I., Agustini, I. G. A. A., Yudawisastra, H. G.,

Rosaliza, M. (2015). Wawancara Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmu Budaya, 71-79.

Permana dkk (2024), Pendampingan UMKM untuk meningkatkan omset penjualan di era digital pada UMKM Keripik Singkong Berkah Kecamatan Bandar Kabuoaten Simalungun.

Pondaag, V. I., Octavia, J. R., & Theresia, C. (2023). Penerapan Design Thinking dalam Menghasilkan Usulan Rancangan Kemasan Ramah Lingkungan untuk UMKM Makanan dan Minuman. Journal of Integrated System, 6(1), 103-124.

Fitria, M., Pandin, A. T., Shabrina, A., Gunawan, D. F., Prianka, W. T., & Gunadi, H. (2023). Penerapan Design Thinking Dalam Perancangan Strategi Pemasaran UMKM Jahe Cap Maher. Journal of Research on Business and Tourism, 3(1), 1-10.

Aman, S., Supriyanto, S., & Putri, M. A. (2020). Implementasi BMC dengan Metode Design Thinking dalam Menghadapi Covid-19 di IKM Pati. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 1(2), 6-14.




DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v8i1.515

Article Metrics

Abstract viewed : 18 times
PDF files downloaded : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: http://creativecommons.org/licenses/by/2.0/

Copyright of Jurnal Pengabdian Kesehatan. ISSN: 2614-3593 (Print) and 2614-3607 (Online). 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License