Penyuluhan “Mengelola Kesehatan Mental dan Kenakalan Remaja” di Sma Muhammadiyah 3 Surabaya

Ayu Citra Mayasari(1*), Yoga Kertapati(2), Dini Mei Widayanti(3)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya
(3) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Masa remaja merupakan masa peralihan antara anak-anak menuju dewasa Masa transisi ini seringkali menghadapakan individu yang bersangkutan kepada situasi yang membingungkan, disatu pihak masih kanak-kanak, tetapi dilain pihak ia sudah harus bertingkah laku seperti orang dewasa. Situasi-situasi yang menimbulkan konflik seperti ini, sering menyebabkan kesehatan mental terganggu dan menimbulkan perilaku-perilaku yang aneh, canggung dan kalau tidak dikontrol bisa menjadi  Tujuan : Peneliti ingin melakukan penyuluhan dengan tema Pendidikan Kesehatan terkait Pentingnya memahami Kesehatan Mental dan mencegah Kenakalan pada Remaja yang bertempat di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Metode : Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya pada tanggal 19 Januari 2023. Kegiatan ini berupa Pemberian Edukasi Pendidikan Kesehatan dengan metode Penyuluhan yang diberikan kepada 69 siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Tim Pelaksana Kegiatan ini yaitu 5 orang dosen dan 5 orang staf tendikHasil dan Pembahasan: Dari penelitian ini diketahui nilai rata-rata siswa yang menerima penyuluhan mengalami peningkatan sebesar 10,58 yang di tunjukkan dengan nilai pre test rata-rata sebesar 63,55 dan nilai post test rata-rata sebesar 74,13 . Hal ini menunjukkan bahwa penyuluhan yang dilakukan memberikan efek dan merupakan implementasi yang tepat untuk mencegah mental illness dan kenakalan remaja, dalam diskusi narasumber memberikan sebuah cara untuk mengelola Kesehatan Mental dan mencegah kenakalan remaja melalui pendekatan religi atau spiritual seperti memperbaiki sholat, membaca qur’an dan berdzikir. Selain itu ada beberapa hal positif lain yang harus dilakukan seperti Olahraga Rekreasi yang membuat sehat jiwa dan raga seperti bersepeda, Joging, Jalan kaki, renang dan yoga  Simpulan : Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya di dapatkan hasil peningkatan pengetahuan siswa tentang pentingnya mengelola Kesehatan Mental dan mengatasi Kenakalan Remaja saat ini.


Full Text:

PDF

References


Sulaeman D. Psikologi remaja: dimensi-dimensi perkembangan. Mandar Maju; 1995.

Hurlock EB. Development psychology a lifespan approach . fifth edition. New York: McGraw Hill; 1998.

Sarwono S. Psikilogi Remaja. Jakarta: Rajawali Press; 2012.

Purnomosidi F, Ernawati S, Riskiana D, Indriyani A. Kesehatan Mental Pada Remaja. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat [Internet]. 2023 Feb 11;2(1):1–7. Available from: https://itbsemarang.ac.id/sijies/index.php/abdimas/article/view/257

Sarwirini. Kenakalan Anak (Juvenile Deliquency): Kausalitas Dan Upaya Penanggulangannya. Jurnal Perspektif. 2011 Sep;XVI(4).

WHO. Mental Health ATLAS 2020 [Internet]. 2021 Oct [cited 2023 Nov 30]. Available from: https://www.who.int/publications/i/item/9789240036703

Pusdatin KPAI. https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-perlindungan-anak-2016-2020. 2021. Tabulasi Data Komisi Perlindungan Anak Indonesia.

Nopela S. PENGARUH OLAHRAGA TERHADAP TINGKAT STRES PADA REMAJA DI MASA PANDEMI COVID-19: NARRATIVE REVIEW. Yogyakarta; 2021 Feb.




DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v7i2.431

Article Metrics

Abstract viewed : 56 times
PDF files downloaded : 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: http://creativecommons.org/licenses/by/2.0/

Copyright of Jurnal Pengabdian Kesehatan. ISSN: 2614-3593 (Print) and 2614-3607 (Online). 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License