Pemberdayaan Keluarga Tentang Pentingnya Seks Edukasi Sebagai Upaya Preventif Mencegah Kenakalan Remaja

Endri Ekayamti(1*), Dika Lukitaningtyas(2), Siti Maimunah(3)

(1) Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Ngawi
(2) Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Ngawi
(3) Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Ngawi
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Remaja memiliki emosi yang labil, masa ini terjadi perubahan perilaku, tindakan-tindakan yang dilakukan cenderung tidak difikirkan secara matang. Rasa keingintahuannya yang besar membuat mereka mencari tahu dengan caranya sendiri. Salah satunya adalah keingintahuan tentang seksualitas. Yang berbahaya adalah remaja mencari tahu mengenai rasa penasarannya tentang seksualitas dari sumber lain seperti melalui media social, internet, teman atau pada orang lain yang tidak tepat. Peran dan pengetahuan orang tua sangat penting didalam mendampingi remaja supaya tidak terjerumus dalam kenakalan remaja terutama pada perilaku seks bebas. Tujuan: meningkatkan pengetahuan orang tua tentang pentingnya pendidikan seks sejak dini pada remaja supaya tidak terjerumus dalam kenakalan remaja. Metode: penyuluhan dan pendampingan pada keluarga dalam memberikan pendidikan seks sejak dini pada remaja. Hasil: kegiatan pengabdian telah dilaksanakan dengan lancar, penyuluhan bertempat dibalai Desa Sambiroro yang dihadiri 67 warga. evaluasi kegiatan tingkat pengetahuan pada pre test sebagian besar orang tua dalam kategori pengetahuan cukup yaitu sebanyak 30 (44,7%), dan kategori baik sejumlah 12 (18%). Setelah dilakukan penyuluhan terdapat peningkatan hasil menjadi pengetahuan baik sejumlah 47 (70,2%) dan cukup sebanyak 17 (15,3%). Pendampingan khusus dilakukan pada dua keluarga yang memiliki anak berisiko terjerumus kearah kenakalan remaja berjalan dengan lancar. Kesimpulan: edukasi seks sejak dini pada remaja penting guna mencegah kenakalan pada remaja, terutama dengan kamajuan tehnologi yang begitu pesat, orang tua harus memiliki pengetahuan yang baik sehingga bisa mendamping anak-anaknya untuk bertumbuh secara baik.


Keywords


Pemberdayaan Keluarga; Seks Edukasi; Kenakalan Remaja

Full Text:

PDF

References


Kuswandi K, Ismiyati I, Rumiatun D. Analisis Kualitatif Prilaku Seks Bebas Pada Remaja Di Kabupaten Lebak. JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang). 2019;14(1):18–24.

Hurlock EB. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. edisi ke l. Istiwidayanti, Soejarwo, editors. Jakarta: Erlangga; 1980.

Andriani R, Suhrawardi, Hapisah. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Remaja Dengan Perilaku Seksual Pranikah. J Inov [Internet]. 2022;2(10):3441–6. Available from: https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1341

Kemenkes RI. Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Vol. 53, Kementrian Kesehatan RI. 2018.

SUMARA DS, HUMAEDI S, SANTOSO MB. Kenakalan Remaja Dan Penanganannya. Pros Penelit dan Pengabdi Kpd Masy. 2017;4(2).

Lestari P. Fenomena Kenakalan Remaja di Indonesia. Yogyakarta; 2008.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. edisi revisi. Jakarta: Rieneka Cipta; 2010.

Nur Utami AC, Raharjo ST. Pola Asuh Orang Tua Dan Kenakalan Remaja. Focus J Pekerj Sos. 2021;4(1):1.

Rahman MA, Pramudiani D, Raudhoh S. Seksual Pranikah Remaja. JMJ. 2020; 2 (September):8–18.




DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v7i2.398

Article Metrics

Abstract viewed : 48 times
PDF files downloaded : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: http://creativecommons.org/licenses/by/2.0/

Copyright of Jurnal Pengabdian Kesehatan. ISSN: 2614-3593 (Print) and 2614-3607 (Online). 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License