Pemanfaatan Infused Water Minuman Sehat Sebagai Daya Tahan Tubuh Bersama Pengurus PKK Desa Prambatan Lor Kudus

Lilis Sugiarti(1*), Rifda Naufa Naufa Lina(2), Dian Arsanti Palupi(3), Heni Setyoningsih(4), Yulia Pratiwi(5), Hasty Martha Wijaya(6), Annis Rahmawaty(7), Rakhmi Hidayati(8), Anita Dyah Listyarini(9), Nur Choiriyah Choiriyah(10), Melisa Octa Lusiana(11), Irvan Kurniawan(12)

(1) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(2) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(3) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(4) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(5) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(6) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(7) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(8) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(9) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(10) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(11) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(12) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemanfaatan infused water sebagai minuman sehat untuk daya tahan tubuh perlu disebarluaskan di masyarakat pasca pandemic Covid 19. Infused water atau spa water adalah air yang ditambah dengan potongan buah-buahan dan didiamkan selama beberapa jam sampai sari buahnya keluar, lalu siap dikonsumsi, sehingga memberi cita rasa dan manfaat untuk kesehatan. Infused water dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bagi mereka yang tidak atau kurang suka buah dan tidak sempat mengkonsumsi buah. Tujuan program pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan masyarakat dalam pembuatan infused water, serta pentingnya meningkatkan imunitas tubuh dengan memanfaatkan minuman kesehatan seperti infused water. Metode yang digunakan adalah deskriptif, ceramah, diskusi dan praktek langsung pembuatan infused water bersama  pengurus PKK desa Prambatan Lor Kabupaten Kudus. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini dilihat dari peningkatan pengetahuan dan kemampuan        peserta dalam membuat infused water yang benar sesuai petunjuk yang telah disosialisasikan sebelumnya. Simpulan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peserta dapat membuat infused water secara mandiri dan peningkatan pengetahuan masyarakat tentang manfaat dari infused water sebagai peningkat daya tahan tubuh.


Keywords


Infused water; Pemanfaatan; Imunitas; Peningkatan Pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Krisnawan, A.H., Alkindi, F.F., Muttaqin, D. and Wahyudi, E.S. 2021. Pemberdayaan Masyarakat dalam Pemanfaatan Tanaman Herbal Indonesia sebagai Minuman fungsional Peningkat Imunitas Tubuh. Caradde: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(1), 163-172.

Haitami, Annisa, U. & Akhmad, M. 2017. Kadar Vitamin C Jeruk Sunkish Peras dan Infused Water. Medical Laboratory Technology Journal 3(1), 98-102.

Soraya, N. 2014. Infused Water. Jakarta: Penerbit Penebar Swadaya.

Belinda, G. 2019. 9 Manfaat Infused Water Lemon untuk Diet dan Kesehatan. https://www.honestdocs.id/manfaat-infused-water-lemon

Kristanto, F. 2013. Kekerasan Permukaan Enamel Gigi Manusia setelah Kontak dengan Air Perasan Citrus Lemon. Skripsi. Surabaya: Universitas Airlangga.

Manner, H.I., Buker, R.S., Smith, V, E., Word, D., and Elevitch, C. R. 2006. Citrus (citrus) and Fortunela (kumquat). Spesies Profiles for Pasific Island Agroforestry Ver 2.1. Traditional Tree Initiative.

Trisnawati, I., Hersoelistyorini, W. and Nurhidajah. 2018. Tingkat Kekeruhan, kadar Vitamin C dan Aktivitas Antioksidan Infused Water Lemon dengan variasi Suhu dan lama Perendaman. Skripsi. Semarang: Universitas Muhamadiyah semarang.




DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v6i2.349

Article Metrics

Abstract viewed : 514 times
PDF files downloaded : 1459 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: http://creativecommons.org/licenses/by/2.0/

Copyright of Jurnal Pengabdian Kesehatan. ISSN: 2614-3593 (Print) and 2614-3607 (Online). 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License