Upaya Peningkatan Status Kesehatan Remaja Melalui Revitalisasi Manajemen Usaha Kesehatan Sekolah di SMPN 7 Semarang

Ernawati Ernawati(1*), Edy Soesanto(2), Siti Aisah(3), Dewi Setyawati(4), Much Nurkharistna Al Jihad(5), Yanuan Ben Olina(6)

(1) Universitas Muhammadiyah Semarang
(2) Universitas Muhammadiyah Semarang
(3) Universitas Muhammadiyah Semarang
(4) 
(5) Universitas Muhammadiyah Semarang
(6) Universitas Muhammadiyah Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Masalah kesehatan pada siswa SMPN 7 Semarang dalam 3 bulan terakhir ditemukan adanya dismenorhe, pusing, perilaku negatif siswa seperti membolos, tidak mengerjakan tugas sekolah, merokok, dan bullying. Sekolah ini memiliki komitmen melaksanakan Trias Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), namun fasilitas dan kegiatan UKS kurang memadai. Meskipun ada kegiatan lintas sektor berupa pembinaan dari pihak puskesmas, fungsi dan manfaat kegiatan UKS belum sepenuhnya dirasakan positif oleh peserta didik, begitu juga yang dirasakan oleh guru. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan merevitalisasi manajemen UKS dan meningkatkan pelayanan kesehatan sebagai upaya meningkatkan kesehatan remaja. Metode kegiatan melalui empat program meliputi: penataan manajemen UKS, rekruitmen dan membentuk kader kesehatan sekolah, pelaksanaan Trias UKS meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan penyehatan lingkungan, serta menjalin jejaring dengan  Puskesmas. Hasil pelaksanaan pendidikan kesehatan telah meningkatkan rerata skor pengetahuan tentang bahaya narkoba dan pencegahan HIV/AIDS (20 poin), bullying (26 poin), kesehatan reproduksi remaja (8 poin), CTPS (12 poin), gosok gigi yang benar (12 poin), dan makan sehat menu remaja (18 poin). Terbentuknya kader kesehatan sekolah sebanyak 65 orang untuk mendukung pelayanan kesehatan, serta penyehatan lingkungan untuk toilet bersih dan privasi yang mendukung pada manajemen kebersihan menstruasi (MKM). Hasil pengabdian ini menunjukkan pentingnya manajemen UKS untuk meningkatkan status kesehatan remaja di lingkungan sekolah.

Keywords


Trias UKS; Kader Sekolah; Manajemen UKS

Full Text:

PDF

References


Haryadi AR dan JDH. Survei Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) (studi pada SD, SMP dan SMK Negeri se-Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto. J Pendidik Olahraga dan Kesehat 2015; 3: 715–721.

Delara, M., Borzuei, H. MA. Premenstrual disorder: prevalence and associated factors in a sample of Iranian adolescent. Iran Red Crescent Meidcal J 2013; 15: 695–700.

Qiao, M., Zhang, H., Liu, H., Luo, S., Wang, T., Zhang, J., Ji L. Prevalence of PMS and PMDD populationbased sample in China. Eur J Obstet Gynecol Reprod Biollogy. Epub ahead of print 2012. DOI: 10.1016/j.ejogrb.2012.01.017.

Tolossa FW BM. Prevalence, Impacts and Medical Managements of Premenstrual Syndrome among Female Students: Cross-Sectional Study in College of Health Science, Mekelle University, Mekelle, Northern Ethiopia. BMC Women’s Heal 2014; 14: 52.

Anderson ET, McFarlan J. Community As Parter Theory and Practice in Nursing. Sixth Edit. Lippincott Williams, 2011.

Tasim M. Analisis Usaha Kesehatan Masyarakat Berdasarkan Manajemen Umum Yang Berkwalitas Di Puskesmas. PrimA J Ilm Ilmu Kesehat 2020; 6: 95–105.

Nursalam N, Ernawati E, Devy SR, et al. Model for Development of Community Health Care As Partners on Stigma and Quality of Living Women With Hiv / Aids. sysrevpharm.orgSign in 2020; 11: 1095–1099.

Prasetyo YB, Hudha AM, Kunci K. Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Derajat Kesehatan Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Lombok Timur. J Kedokt Yars 2014; 22: 102–113.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan T. Pedoman Usaha Kesehatan Sekolah Jenjang SMP. 2021.




DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v6i2.300

Article Metrics

Abstract viewed : 307 times
PDF files downloaded : 432 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: http://creativecommons.org/licenses/by/2.0/

Copyright of Jurnal Pengabdian Kesehatan. ISSN: 2614-3593 (Print) and 2614-3607 (Online). 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License