PENDAMPINGAN PENGURUS UKS DALAM MEWUJUDKAN PERILAKU HIDUP BERSIH SEHAT DI SDN KARANGANYAR 2 KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG
(1) STIKES Widya Husada Semarang
(2) STIKES Widya Husada Semarang
(3) STIKES Widya Husada Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Kesehatan penting dikenalkan pada anak sejak dini, terutama pada usia sekolah. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan wadah untuk kegiatan promosi kesehatan di sekolah. UKS bertujuan meningkatkan prestasi belajar bagi peserta didik serta mutu pendidikan melalui upaya peningkatan perilaku hisup bersih sehat serta derajat kesehatan peserta didik dan menciptakan lingkungan sekolah yang sehat. SDN Karanganyar 2 Kecamatan Tugu Kota Semarang sudah memiliki ruang khusus untuk kegiatan UKS, akan tetapi pemanfaatannya belum optimal dan belum dibentuk kader siswa secara berkelanjutan untuk menjadi pengurus UKS. Pelatihan dokter kecil yang pernah ada dilakukan oleh petugas Puskesmas Karanganyar dengan mengundang perwakilan beberapa siswa-siswi di masing-masing sekolah sehingga jumlah siswa yang mengikuti terbatas. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah mewujudkan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) di SDN Karanganyar 2 Kecamatan Tugu Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu membentuk pengurus UKS, memberikan pengetahuan dan ketrampilan bagi pengurus UKS dan melakukan pendampingan bagi pengurus UKS serta melakukan evaluasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah terbentuknya pengurus UKS yang memiliki pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi kader kesehatan di sekolah, terdapat peningkatan jumlah siswa yang memiliki pengetahuan baik setelah diberikan penyuluhan dengan metode ceramah tentang PHBS di sekolah sebanyak 46%.
Kata kunci: Pendampingan, Pengurus UKS, PHBS
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v3i1.63
Article Metrics
Abstract viewed : 410 timesPDF files downloaded : 551 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright of Jurnal Pengabdian Kesehatan. ISSN: 2614-3593 (Print) and 2614-3607 (Online).