Peningkatan Kapasitas Relawan MDMC dan LHPB Dalam Fasilitasi Satuan Pembelajaran Aman Bencana di Amal Usaha Pendidikan Aisyiyah dan Muhammadiyah Kabupaten Klaten

Istianna Nurhidayati(1*), Retno Yuli Hastuti(2), Agus Murtana(3), Yogi Wijanarko(4)

(1) Universitas Muhammadiyah Klaten
(2) Universitas Muhammadiyah Klaten
(3) Universitas Muhammadiyah Klaten
(4) Universitas Muhammadiyah Klaten
(*) Corresponding Author

Abstract


Sekolah Aman Bencana merupakan hal yang sangat penting, terutama di daerah rawan bencana seperti Kabupaten Klaten. Amal Usaha Pendidikan yang aman bencana memerlukan dukungan yang solid dari relawan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) untuk menjalankan pilar-pilar satuan pendidikan aman bencana (SPAB). Minimnya pelatihan khusus untuk relawan MDMC dalam kompetensi Fasilitator satuan pendidikan aman bencana menegaskan perlunya peningkatan kapasitas mereka. Melalui pelatihan yang sesuai, relawan MDMC dapat berkontribusi sebagai fasilitator SPAB di lingkungan pendidikan Aisyiyah dan Muhammadiyah. Kegiatan PkM bertujuan untuk memeningkan kapasitas Relawan dan untuk membentuk komunitas Tangguh bencana dengan membangun jaringan yang kuat antara sekolah, relawan dan masyarakat untuk bersama menghadapi ancaman bencana. Kegiatan peningkatan kapasitas relawan MDMC dan LLHPB dalam memfasilitasi satuan pembelajaran aman bencana di Amal usaha Pendidikan Aisyiyah dan Muhammadiyah Kabupaten Klaten dilaksanakan pada 12-13 Mei 2025 yang diikuti oleh 60 orang relawan MDMC dan LLHPB. Hasil kegiatan peningkatan kapasitas meningkatkan pemahaman relawan MDMC dan LLHPB. Untuk meningkatkan kapasitas relawan MDMC dan LLHPB dapat bersinergi dengan perguruan tinggi untuk mengadakan program pelatihan  secara berkelanjutan dan berbasis kebutuhan lokal.

Sekolah Aman Bencana merupakan hal yang sangat penting, terutama di daerah rawan bencana seperti Kabupaten Klaten. Amal Usaha Pendidikan yang aman bencana memerlukan dukungan yang solid dari relawan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) untuk menjalankan pilar-pilar satuan pendidikan aman bencana (SPAB). Minimnya pelatihan khusus untuk relawan MDMC dalam kompetensi Fasilitator satuan pendidikan aman bencana menegaskan perlunya peningkatan kapasitas mereka. Melalui pelatihan yang sesuai, relawan MDMC dapat berkontribusi sebagai fasilitator SPAB di lingkungan pendidikan Aisyiyah dan Muhammadiyah. Kegiatan PkM bertujuan untuk memeningkan kapasitas Relawan dan untuk membentuk komunitas Tangguh bencana dengan membangun jaringan yang kuat antara sekolah, relawan dan masyarakat untuk bersama menghadapi ancaman bencana. Kegiatan peningkatan kapasitas relawan MDMC dan LLHPB dalam memfasilitasi satuan pembelajaran aman bencana di Amal usaha Pendidikan Aisyiyah dan Muhammadiyah Kabupaten Klaten dilaksanakan pada 12-13 Mei 2025 yang diikuti oleh 60 orang relawan MDMC dan LLHPB. Hasil kegiatan peningkatan kapasitas meningkatkan pemahaman relawan MDMC dan LLHPB. Untuk meningkatkan kapasitas relawan MDMC dan LLHPB dapat bersinergi dengan perguruan tinggi untuk mengadakan program pelatihan  secara berkelanjutan dan berbasis kebutuhan lokal.


Keywords


Relawan; MDMC; LLHPB; Kapasitas; SPAB

Full Text:

PDF

References


Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2019) Pendidikan Tangguh Bencana Mewujudkan satuan pendidikan aman bencana di Indonesia.jakarta Sekretariat Nasional Satuan Pendidikan Aman Bencana (SEKNAS SPAB) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Lilik K, Lilis,S.M., Aminudin,H.& Elfina,R. (2016) Inisiasi sekolah/ Madrasah aman bencana. Jurnal Riset Kebencanaan, 2(2). 106-116

PDM Klaten.org 2024.Pendidikan dan Pelatihan SAR Medis LRB-MDMC Jawa Tengah 2024: Tingkatkan Kesiapan Relawan Penanggulangan Bencana - PDM KLATEN

Suharwoto,G (2015) Modul Pilar 2 Manajemen Bencana sekolah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan UNICEF.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana

M. Tebe, Yusra, Janaka, Faisal Khalid, Sumadi, Kukuh Pramono, M. Hasan Catur W and D. A. Alneka Surur (2023), “Modul Pilar 1: Fasilitas Belajar yang Lebih Aman i,” Modul Pilar 1 Fasilitas Belajar yang Lebih Aman




DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v8i3.553

Article Metrics

Abstract viewed : 0 times
PDF files downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: http://creativecommons.org/licenses/by/2.0/

Copyright of Jurnal Pengabdian Kesehatan. ISSN: 2614-3593 (Print) and 2614-3607 (Online). 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License