Edukasi Konsumsi Buah dan Sayur Pada Siswa Kelas V SD Negeri 068344 Simalingkar

Selly Pratama Putri(1*), Imdah Risky Siregar(2), Aprisna Anggraini(3), Yoan Tanara(4), Febby Anggraini(5)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(4) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(5) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Konsumsi pangan merupakan jenis dan dan jumlah pangan yang dimakan oleh seseorang dengan tujuan tertentu. Konsumsi buah dan sayur merupakan faktor yang penting dalam menunjang proses pertumbuhan pada anak. Namun terkadang masih banyak yang dijumpai bahwa anak-anak masih jarang mengkonsumsi makanan tersebut. Konsumsi buah dan sayur penduduk Indonesia masih dibawah anjuran yang kecukupan, terutama pada anak usia sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh konsumsi buah dan sayur pada anak SDN 068344. Dengan pemberian edukasi menggunakan metode ceramah dan juga pemutaran video serta diskusi  dan tanya jawab dalam penyuluhan yang dilakukan di sekolah SDN 068344 Simalingkar. Responden pada penelitian ini berjumlah 18 orang dari siswa SD, yang terdiri dari 8 siswa perempuan dan 10 laki-laki. Dalam penelitian ini diberikan pemahaman mengenai pentingnya mengonsumsi buah dan sayur serta mengenai kandungan gizi dalam buah dan sayur dan juga menjelaskan manfaat apa saja yang terkandung dalam sayur dan buah serta jumlah porsi sayur dan buah yang dimakan. Adapun hasil dari  penelitian ini setelah dilakukan pre test dan post test didapatkan hasil bahwa setelah pemberian materi yang telah dilakukan anak-anak tersebut lebih mengerti apa pentingnya buah dan sayur. Selain itu Sebagian dari mereka juga mengkonsumsi buah dan sayur sehingga. Ketika dalam melakukan penyuluhan mereka juga sangat antusias pada materi yang diberikan.


Keywords


Sayur; Buah; Usia Sekolah

Full Text:

PDF

References


CDC. Children Eating More Fruit, but Fruit and Vegetable Intake Still Low [Online Ar-ticle]. 2015; [diakses 22 Januari 2015]. Available at: Http://Www.Cdc.Gov/Media/DPK/2014/Dpk-Vs-Fruits-Vegetables.Html.

Hasana, A. N. Gambaran Perilaku Ibu dalam Penyediaan Sayur Keluarga di Kelurahan Pasir Bidang Kecamatan Sarudik Kabupaten Tapanuli Tengah [Skripsi]. Medan: Universitas Sumatra Utara. 2012.

Mahmudah, U., & Yuliati, E. (2020). Edukasi konsumsi buah dan sayur sebagai strategi dalam pencegahan penyakit tidak menular pada anak sekolah dasar. Warta LPM, 24(1), 11-19.

Putri, A. D. P., Fatmawati, I., & Rozalina, I. (2022). PENGETAHUAN SAYUR DAN BUAH PADA ANAK SEKOLAH DI KECAMATAN SAWANGAN KOTA DEPOK. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(3).

Sagita, Y. D., Sanjaya, R., Fara, Y. D., & Maesaroh, S. (2020). Peningkatan Pengetahuan Konsumsi Buah dan Sayur pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ungu (ABDI KE UNGU), 2(1), 1-5




DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v7i2.428

Article Metrics

Abstract viewed : 105 times
PDF files downloaded : 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: http://creativecommons.org/licenses/by/2.0/

Copyright of Jurnal Pengabdian Kesehatan. ISSN: 2614-3593 (Print) and 2614-3607 (Online). 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License