Paket Sayang Ibu Hamil dengan Tindakan Pivadu (Pemeriksaan, Menu Diit, Vitamin, Aktivitas Fisik, Dukungan Keluarga) di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Jepang

Icca Narayani Pramudaningsih(1*), Ambarwati Ambarwati(2), Eny Pujiati(3), Lia Marlinda Sari(4), Maya Yuliana(5), Niken Ayu Anggun Safitri(6)

(1) Institut Teknologi Kesehatan Cendekia Utama Kudus
(2) Institut Teknologi Kesehatan Cendekia Utama Kudus
(3) Institut Teknologi Kesehatan Cendekia Utama Kudus
(4) Institut Teknologi Kesehatan Cendekia Utama Kudus
(5) Institut Teknologi Kesehatan Cendekia Utama Kudus
(6) Institut Teknologi Kesehatan Cendekia Utama Kudus
(*) Corresponding Author

Abstract


Kehamilan adalah pembuahan atau penyatuan sperma dan sel telur dan diikuti dengan implantasi. Serangkaian peristiwa yang dimulai dengan pembuahan berkembang menjadi janin cukup bulan dan diakhiri dengan persalinan, seorang wanita akan mengalami perubahan fisik dan psikologisnya sendiri. Kualitas pelayanan medis (pemeriksaan kehamilan) ibu hamil mempengaruhi kesehatan ibu dan janin serta ibu setelah melahirkan. Pentingnya program yang mendukung Kesehatan ibu selama kehamilan melalui program PIVADU (Pemeriksaan, Menu Diit, Vitamin, Aktifitas Fisik, Dukungan Keluarga). Program PIVADU membutuhkan Kerjasama dengan keluarga terdekat karena selama kehamilan ibu membutuhkan pemeriksaan yang teratur, makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi untuk dirinya sendiri dan janin yang dikandung, aktifitas fisik yang tepat dan support luarga selama menjalani masa kehamilan dan menghadapi persalinan. Karena kualitas fisik dan psikologis anak sebagian ditentukan oleh karakteristik fisik dan psikologis ibu selama masa kehamilan.  


Keywords


PIVADU (Pemeriksaan Fisik; Menu Diit; Vitamin; Aktivitas Fisik; Dukungan Keluarga); Kehamilan

Full Text:

PDF

References


Wagiyo, Ns, P. (2016). No TitleAsuhan keperawatan antenatal , intranatal, dan bayi baru lahir fisiologis dan patologis.CV Andi

Kemenkes RI. (2018). Pentingnya Pemeriksaan Kehamilan (ANC) di Fasilitas Kesehatan.

Direktorat Promosi Kesehatan Dan Pemberdayaan Masyarakat

Kemenkes RI. (2020). Buku Ibu dan Anak (KIA). Jakarta: Kemenkes RI.

Fatimah dkk. (2017). Asuhan Kebidanan Kehamilan. Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhamadiyah Jakarta.

Istianty, Ari dan Rusilanti. 2013. Gizi Terapan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewi dan Dwi. (2014). Buku Ajar Gizi dalam Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Nuha Medika.

World Health Organization. WHO recommendation Calcium supplementation during pregnancy for the prevention of pre-eclampsia and its complications. 2018.

Bernadette P. Marriott, Diane F. Birt, Virginia A. Stallings, Allison A. Yates. Present knowledge of Nutrition. 11th edition. 2020.

Sibarani, M. V., Ulfah, R., & Afriyanti, E. (2020). Hubungan Aktivitas Fisik Terhadap Konstipasi pada Pasien Stroke di RS Islam Siti Rahmah Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(4), 134–137. https://doi.org/10.25077/jka.v8i4.1130

Hartinah, D., Karyati, S., & Rokhani, S. (2019). Hubungan Pola Aktivitas Fisik Dengan Konstipasi Pada Ibu Hamil Trimester Iii Di Puskesmas Gribig Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus Tahun 2017.

Ndore S, Sulasmini S, Hariyanto T. Dukungan Keluarga Berhubungan Dengan Kepuasan Interaksi Sosial Pada Lansia. Care J Ilm Ilmu Kesehat. 2017;5(2):256.




DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v6i3.372

Article Metrics

Abstract viewed : 106 times
PDF files downloaded : 121 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: http://creativecommons.org/licenses/by/2.0/

Copyright of Jurnal Pengabdian Kesehatan. ISSN: 2614-3593 (Print) and 2614-3607 (Online). 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License