Pelatihan Penyusunan Dan Pengolahan Menu Serta Penyajian Makanan Sehat Untuk Mencegah Stunting di Desa Lokus Stunting

Ambarwati Ambarwati(1*), Luluk Cahyanti(2), Alvi Ratna Yuliana(3), Vera Fitriana(4), Hirza Ainin Nur(5), Jamaludin Jamaludin(6), Icca Narayani Pramudaningsih(7), Eny Pujiati(8), Nila Putri Purwandari(9), Sri Fitrianingsih(10), Lutfiana Nurulin Nafiah(11), Rakhmi Hidayati(12)

(1) Institut Teknologi Kesehatan Cendekia Utama Kudus
(2) Institut Teknologi Kesehatan Cendekia Utama Kudus
(3) Institut Teknologi Kesehatan Cendekia Utama Kudus
(4) Institut Teknologi Kesehatan Cendekia Utama Kudus
(5) Institut Teknologi Kesehatan Cendekia Utama Kudus
(6) Institut Teknologi Kesehatan Cendekia Utama Kudus
(7) Institut Teknologi Kesehatan Cendekia Utama Kudus
(8) Institut Teknologi Kesehatan Cendekia Utama Kudus
(9) Institut Teknologi Kesehatan Cendekia Utama Kudus
(10) Institut Teknologi Kesehatan Cendekia Utama Kudus
(11) Institut Teknologi Kesehatan Cendekia Utama Kudus
(12) Institut Teknologi Kesehatan Cendekia Utama Kudus
(*) Corresponding Author

Abstract


Stunting merupakan gangguan kurangnya gizi secara kronis dan kondisi gagal tumbuh pada balita dengan hasil pemeriksaan tinggi badan lebih rendah (pendek) dibandingkan dengan balita seusianya. Asupan gizi yang kurang dari kebutuhan tubuh anak dalam jangka waktu lama dan berulang mengakibatkan terjadinya keterlambatan pada anak. Keterlambatan pertumbuhan atau gagal tumbuh pada anak adalah suatu kombinasi dari malnutrisi energi, protein, dan defisiensi dari zat mikro yang dimulai dari janin sampai anak berusia dua tahun. Angka terjadinya stunting pada janin sampai anak usia dua tahun sehingga menjadikan angka kesakitan dan kematian bayi meningkat, sistem imun anak menurun, dan penderita sering mengalami kondisi tubuh yang mudah sakit, postur tubuh yang tidak maksimal sehingga tingkat produktivitas yang rendah di saat dewasa. Tujuan pengabdian masyarakat dengan pelatihan tentang penyusunan dan pengolahan menu serta penyajian makanan sehat keluarga adalah untuk meningkatkan pengetahuan warga di 11 desa lokus stunting dalam pencegahan stunting. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi pretest dan posttes serta praktik dalam penyusunan dan pengolahan menu serta penyajian makanan sehat keluarga. Hasil pengabdian masyarakat pelatihan penyusunan dan pengolahan menu serta penyajian makanan sehat keluarga memberikan manfaat bagi peningkatan pengetahuan warga desa dalam pencegahan stunting. Peserta pelatihan mampu menunjukkan menu sehat dalam pencegahan stunting yang benar. Hal ini dapat diketahui pada saat proses pelatihan terbukti banyak peserta antusias memperagakan penyajian menu sehat keluarga untuk pencegahan stunting yang benar. Hasil post test menunjukkan ada peningkatan pengetahuan peserta pelatihan. Peserta juga memiliki semangat yang tinggi ditunjukkan dengan adanya tanya jawab dan aktif bertanya kepada narasumber tentang penyusunan dan pengolahan menu serta penyajian makanan sehat keluarga. Pelatihan penyusunan dan pengolahan menu serta penyajian makanan sehat keluarga meningkatkan pengetahuan peserta dalam pencegahan stunting (p value=0,000).


Keywords


Balita; Mencegah stunting; Pelatihan penyusunan menu sehat keluarga

Full Text:

PDF

References


Wahyurin IS, Aqmarina AN, Rahmah HA, et al. Pengaruh edukasi stunting menggunakan metode brainstorming dan audiovisual terhadap pengetahuan ibu dengan anak stunting. Ilmu Gizi Indones 2019; 2: 141.

Inayah M, Fery Lusviana W, Salfina D. Pelatihan Penentuan Status Gizi Bagi Nuteen Sebagai Peer Edukator Remaja Menuju Peningkatan Kualitas 8000 HPK. Pros Semin Nas Pengabdi Masy 2022; 1: 166–171.

Doran H. Bringing data to life. Biochem (Lond) 2021; 43: 3–3.

Kemenkes B. Buku Saku Hasil Status Gizi Indonesia (SSGI) Tingkat Nasional, Provinsi, dan Kabupaten/Kota Tahun 2021. Jakarta: Kemenkes, 2021.

UNICEF. Improving child nutrition, the achievable imperative for global progress. New York, 2013.

Kesehatan PD dan IK, RI. Situasi Balita Pendek. 2016.

Wayan N, Ekayanthi D, Suryani P. Edukasi Gizi pada Ibu Hamil Mencegah Stunting pada Kelas Ibu Hamil. 2019; 10: 312–319.

Kementrian Kesehatan RI. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Posyandu Remaja. Jakarta, 2018.

Batiro, B. et al. Determinants of stunting among children aged 6-59 months at Kindo Didaye woreda , Wolaita Zone, Southern Ethiopia : Unmatched case control study. PLoS One 2017; 20: 1–15.

Dahlan M sopiyudin. Statistik untuk Kedokteran dan kesehatan. Jakarta: Salemba Medika, 2011.

Notoatmodjo. Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2012.




DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v6i3.369

Article Metrics

Abstract viewed : 133 times
PDF files downloaded : 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: http://creativecommons.org/licenses/by/2.0/

Copyright of Jurnal Pengabdian Kesehatan. ISSN: 2614-3593 (Print) and 2614-3607 (Online). 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License