Layanan Edukasi Dan Praktik Pada Orang Tua Anak Dengan Berkebutuhan Khusus Dalam Pencegahan Covid-19

Wahyu Ersila(1*), Siti Khuzaiyah(2), Eka Budiarto(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
(2) Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
(3) Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
(*) Corresponding Author

Abstract


Adanya covid 19 berpengaruh dalam proses pembelajaran, tidak terkecuali pada anak gangguan perkembangan. Meskipun untuk angka kejadian COVID 19 sudah melandai namun perlu tindakan pencegahan yang tetap harus diperhatikan terutama bagi anak sekolah agar dapat kembali pembelajaran yang menarik di sekolah. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan praktik pencegahan covid-19 pada orangtua dengan anak berkebutuhan khusus. Tahapan yang dilakukan meliputi persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Metode menggunakan ceramah, tanya jawab, diskusi, brainstorming dan Demonstrasi, kegiatan ini dilakukan pada 50 orang tua dengan anak berkebutuhan khusus. Hasil kegiatan ini diperoleh pengetahuan sebelum kegiatan terdapat 12 (24%) orang tua memiliki pengetahuan kurang, 15 (30%) pengetahuan cukup dan 23(46%) pengetahuan baik. Setelah dilakukan kegiatan pengetahuan orang tua mengalami peningkatan yaitu pengetahuan cukup 15 (30%) dan pengetahuan Baik 35 (70%). Saran Peningkatan pengetahuan diperlukan melalui penyuluhan dan pemberian edukasi serta konseling kepada orang tua dengan anak berkebutuhan khusus agar dapat memberikan dampak ke perilaku penerapan pencegahan COVID-19 pada bayinya.


Keywords


Pencegahan COVID19; Anak berkebutuhan Khusus; Pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Supriatin L. Wakil Ketua MPR Minta Sekolah Tatap Muka dievaluasi kembali. Jakarta: 2021.

Litha Y. 351 Ribu Anak di Indonesia Terpapar COVID-19. VOA Indonesia. 2021 ;

Ersila W, Prafitri LD, Budiarto E, Khuzaiyah S. Faktor yang berhubungan dengan Kepatuhan Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus dalam mencegah COVID 19. Jurnal Kebidanan Indonesia. 2023 ;14(1):1-11.

Handayani D, Hadi D, Isbaniah F, Burhan E, Agustin H. Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia. 2020 ;40(2):119-120.

Zukmadini A, Karyadi B, Kasrina K. Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ) dalam Pencegahan COVID-19 Kepada Anak-anak di Panti Asuhan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. 2020 ;3(1):68-76.

Kemenkes R. Panduan Pelayanan Kesehatan Balita Pada Masa Tanggap Darurat COVID-19. Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat. 2020 ;1-30.

Gani H, Istiaji E, Kusuma A. Perbedaan Efektivitas Leaflet dan Poster Produk Komisi Penanggulangan AIDS dalam Perilaku Pencegahan HIV/AIDS. Jurnal IKESMA. 2014 ;10(1):31-48.

Wahy H. Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama dan Utama. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. 2012 ;12(2):245-258.

Susanto A, Sari MP, Purwantiningrum H. Upaya Peningkatan Pengetahuan Tentang Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri). 2021 ;5(4):01-08.

Ersila W, Prafitri LD, Widyastuti W. Layanan Edukasi Bagi Ibu Dalam Upaya Mencegah Covid-19 Pada Anak. PengabdianMu:Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat. 2022 ;7(5):711-718.

Khairunnisa Z, Sofia R, Magfirah S. Hubungan Karakteristik Dan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Pencegahan Covid-19pada Masyarakat Desa Paya Bujok Blang Pase Kota Langsa. Jurnal Averrous. 2021 ;6(1):1-14.

Notoatmodjo S. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Revisi. Jakarta: Rineka Cipta; 2014.

Moudy J, Syakurah RA. Pengetahuan terkait Usaha Pencegahan Coronavirus Disease (COVID-19) di Indonesia. Higeia Journal Of Public Health. 2020 ;4(3):333-346.




DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v6i4.335

Article Metrics

Abstract viewed : 89 times
PDF files downloaded : 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.