Mengenali dan Mencegah Progesivitas Hipertensi Pada Lansia di Desa Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus

Emma Setiyo Wulan(1*), Anita Dyah Listyarini(2), Gardha Rias Arsy(3), Sri Hindriyastuti(4), Nila Putri Purwandari(5)

(1) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(2) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(3) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(4) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(5) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(*) Corresponding Author

Abstract


Penyakit hipertensi sering disebut the silent disease. Hipertensi dapat menyebabkan peningkatan resiko penyakit kardiovaskuler, seperti jantung dan stroke. Umumnya penderita tidak mengetahui dirinya mengidap hipertensi sebelum memeriksakan tekanan darahnya. Faktor pemicu hipertensi dapat dibedakan antara yang dapat dikontrol dan tidak dapat dikontrol. Untuk yang tidak dapat dikontrol seperti keturunan, jenis kelamin, dan umur. Sedangkan yang dapat dikontrol adalah kegemukan, merokok, serta konsumsi alcohol dan garam. Hipertensi dapat dicegah dengan pola hidup sehat melalui pengaturan pola makan yang baik, aktifitas fisik dan istirahat yang cukup. Berdasarkan data yang diperoleh dari wilayah desa Gondosari Kecamatan Gebog kelompok hipertensi yang mengeluh pusing sebanyak 36 %, dan 64 % tidak tahu tentang hioertensi dan sering mengkonsumsi kopi ataupun merokok.Dalam upaya meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait hipertensi melalui penyuluhan langsung di desa tersebut. Tujuan program pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap masyarakat tentang hipertensi. Metode yang digunakan adalah deskriptif, ceramah dan diskusi di desa Gondosari Kecamatan Gebog. Hasil dari kegiatanvpengabdian masyarakat ini dilihat dari peningkatan pengetahuan dan kemampuan peserta dalam berdiskusi dan tanya jawab secara tepat sesuai dengan materi yang telah diberikan sebelumnya Simpulan dari kegiatan pengabdian masyrakat ini adalah peserta terjadi peningkatan pengetahuan tentang hipertensi dan cara mencegah hipertensi.

 


Keywords


Hipertensi; Pengetahuan; Lansia

Full Text:

PDF

References


Diah Dhianawaty D, Anisah Dahlan, Mas Rizky A.A. Syamsunarno dan Henhen Heryaman. 2017. Profil Tekanan Darah Dan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Nelayan Di Desa Kanci Kulon, Kecamatan Astana Japura (Kabupaten Cirebon).Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat1(2): 96–100.

Kadriati Erna, Hasifah, K. (2021). Peningkatan Pengetahuan Tentang Hipertensi Kepada Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 5–6.https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/matappa/index

Kementrian Kesehatan RI. 2019. Hasil Utama Riskesdas 2018. Jakarta: Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan

Kesehatan (LPB).

Kementrian Kesehatan RI. 2019. Laporan Provinsi Jawa Tengah Riskesdas 2018. Jakarta: Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB)

Kumala, Olivia Dwi. 2017. Efektifitas Pelatihan Dzikir dalam Meningkatkan Ketenangan Jiwa pada Lansia Penderita Hipertensi.PSYMPATHIC: Jurnal Ilmiah Psikologi Volume 4 Nomor 1 2017: 55-66.

Pertiwiningrum, D. A., & Kamalah, A. D. (2021, December). Gambaran Self Efficacy Pada Pasien Hipertensi: Literature Review. In Prosiding Seminar Nasional Kesehatan (Vol. 1, pp. 2148-2156).

Septiana Kurniasari1, A. F. A. (2020). DARMABAKTI Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Penyuluhan Hipertensi danPemeriksaan Tekanan Darah pada Kelompok Ibu-ibu. 02(November), 74–78

Suiraoka. 2017. Penyakit Degeneratif Mengenal, Mencegah dan Mengurangi Faktor Risiko 9 Penyakit Degeneratif. Yogyakarta: Nuha Medika.




DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v6i1.324

Article Metrics

Abstract viewed : 144 times
PDF files downloaded : 155 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: http://creativecommons.org/licenses/by/2.0/

Copyright of Jurnal Pengabdian Kesehatan. ISSN: 2614-3593 (Print) and 2614-3607 (Online). 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License