Peningkatan Motivasi Wirausaha Bagi Alumni Keperawatan Melalui Pelatihan Kewirausahaan Klinik Perawatan Luka

Roma Sitio(1*), Dewi Marianthi(2), T. Alamsyah(3), Ainal Mardhiah(4), Erlangga Galih Zulva Nugroho(5), Afdhal Afdhal(6)

(1) Poltekkes Kemenkes Aceh
(2) Poltekkes Kemenkes Aceh
(3) Poltekkes Kemenkes Aceh
(4) Poltekkes Kemenkes Aceh
(5) Poltekkes Kemenkes Aceh
(6) Poltekkes Kemenkes Aceh
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengangguran merupakan salah satu masalah yang ada di bidang kesehatan karena jumlah lulusan tenaga kesehatan tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja sehingga perlu kiranya tenaga kesehatan dibekali kemampuan/ketrampilan lain yang sesuai dengan kompetensinya guna membuka peluang usaha baik secara mandiri maupun berkolaborasi. Hal ini juga menjadi masalah pada alumni Prodi D-IV Keperawatan bahwa daya serap di  pusat pelayanan kesehatan masih rendah dengan masa tunggu lebih dari 12 bulan setelah menyelesaikan pendidikan. Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi alumni agar mampu menjadi entrepreneurship dibidang keperawatan. Peserta dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah alumni Prodi Sarjana Terapan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Aceh yang berjumlah 12 orang. Adapaun metode yang digunakan adalah pelatihan, kunjungan ke klinik perawatan luka, konsultasi bisnis serta monitoring dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabmas ini adalah 1 orang peserta sudah memiliki usaha perawatan praktek mandiri perawatan luka sementara  yang lain memiliki minat dan motivasi yang tinggi untuk berwirausaha tetapi masih perlu pembinaan dan pendampingan khusus. Persiapan diri seorang perawat sangat dibutuhkan terkait dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk memenuhi tuntutan praktik profesional yang terus berubah dan semakin menuntut, mempersiapkan mereka sebagai wirausahawan masa depan.


Keywords


Alumni Keperawatan; Klinik Perawatan Luka; Motivasi; Wirausaha

Full Text:

PDF

References


Gala P, Camargo J, Freitas E. The Economic Commission for Latin America and the Caribbean (ECLAC) was right: Scale-free complex networks and core-periphery patterns in world trade. Cambridge J Econ. 2018;42(3):633–51.

Agung AD. Pengaruh Motivasi dan Mental Berwirausaha terhadap Minat Mahasiswa Akuntasi untuk Berwirausaha Studi pada Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan. Pap Knowl Towar a Media Hist Doc. 2015;3(April):49–58.

Moch. Irfan, Rusdiana HA. Pustaka Setia Pustaka Setia. Sist Inf Manaj. 2014;200.

Zacher H. Career adaptability predicts subjective career success above and beyond personality traits and core self-evaluations. J Vocat Behav. 2014;84(1):21–30.

Kaya H, ?enyuva E, Bodur G. The relationship between critical thinking and emotional intelligence in nursing students: A longitudinal study. Nurse Educ Today. 2018;68:26–32.

?spir Ö, Elibol E, Sönmez B. The relationship of personality traits and entrepreneurship tendencies with career adaptability of nursing students. Nurse Educ Today. 2019;79(July 2018):41–7.

Badan Pusat Statistik. Statistik Indonesia Statistical Yearbook of Indonesia 2020. Stat Indones 2014. 2014;https://news.ge/anakliis-porti-aris-qveynis-momava.

Statistik BP. Statistik Indonesia Statistical Yearbook of Indonesia 2020. Stat Indones 2020. 2020;1101001:790.

Badan Pusat Statistik. Statistik Indonesia Statistical Yearbook of Indonesia 2019. Stat Indones 2019 (Indonesian Stat. 2019;Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Colichi RMB, Lima SGSE, Bonini ABB, Lima SAM. Entrepreneurship and Nursing: integrative review. Rev Bras Enferm. 2019;72(Suppl 1):321–30.

Sanders E, Kingma M. Handbook on entrepreneurial practice: nurses creating opportunities as entrepreneurs and intrapreneurs. 2012. 1–74 p.

Boore J, Porter S. Education for entrepreneurship in nursing. Nurse Educ Today. 2011;31(2):184–91.

Jahani S, Abedi H, Elahi N, Fallahi-Khoshknab M. Iranian entrepreneur nurses’ perceived barriers to entrepreneurship: A qualitative study. Iran J Nurs Midwifery Res. 2016;21(1):45–53.

Efendi F, Chen C, Kurniati A, Nursalam N. The Situational Analysis Of Nursing Education and Workforce In Indonesia. Malaysian J Nurs. 2018;9(4):20–4.

Olokundun MA, Moses CL, Iyiola OO, Ibidunni SA, Amaihian AB, Peter F. Perceptions of students on entrepreneurship curriculum contents and openmindedness: Implications for business idea generation of Nigerian university students. Acad Entrep J. 2017;23(2):1–10.

Backes-gellner U, Nadja S, Sartore T. Working Paper No . 50 Differences between entrepreneurs and employees in their educational paths Uschi Backes-Gellner , Simone N . Tuor and. 2014;(December 2010).

Backes DS, Erdmann AL, Büscher A. O cuidado de enfermagem como prática empreendedora: oportunidades e possibilidades. Acta Paul Enferm. 2010;23(3):341–7.




DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v6i3.283

Article Metrics

Abstract viewed : 544 times
PDF files downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.