Penyuluhan Pemeriksaan Narkoba dan Sosialisasi Pengenalan Fungsi Desain Formulir Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19 di SMP Tawakkal Denpasar

Anak Agung Gde Oka Widana(1*), Ni Luh Putu Devhy(2), Ika Setya Purwanti(3), Ni Wayan Desi Bintari(4), Diah Prihatiningsih(5)

(1) STIKes Wira Medika Bali
(2) STIKes Wira Medika Bali
(3) STIKes Wira Medika Bali
(4) STIKes Wira Medika Bali
(5) STIKes Wira Medika Bali
(*) Corresponding Author

Abstract


Penyalahgunaan NAPZA (Narkotika, Psikotoprika, dan Zat Adiktif) tercatat semakin meningkat setiap tahunya. Realita tersebut telah membuktikan bahwa masyarakat masih belum sepenuhnya paham akan bahaya narkoba atau narkotika serta zat adiktif lainnya. Hal tersebut tentu memerlukan peran serta dari semua pihak, selain aparat terkait. Selain rendahnya pemahaman masyarakat akan bahaya narkoba, kekurangpahaman terkait dengan eksistensi formulir kesehatan juga merupakan masalah umum yang sering terlihat di masyarakat. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah dengan menggunakan metode penyuluhan secara online melalui aplikasi Zoom, karena mengingat pandemi Covid-19 masih berstatus membahayakan. Khalayak sasaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah para Guru yang bertugas di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tawakkal Denpasar. Karakteristik peserta kegiatan pengabdian masyarakat ini dominan diikuti oleh peserta perempuan, dengan rentang usia terbanyak berumur 30 tahun atau lebih. Berdasarkan karakteristik profesi, sebagian besar peserta yang turut serta adalah Karyawan Swasta yaitu sebesar 83%. Dari hasi evaluasi, penyuluhan mengenai pemeriksaan Narkoba di SMP Tawakkal Denpasar memperoleh respon yang sangat baik, ditandai dengan atensi peserta melalui pertanyaan terkait keberadaan Narkoba jenis baru dan persentase tingkat kesembuhan pengguna Narkoba. Terkait sosialisasi fungsi desain formulir kesehatan juga memperoleh respon yang cukup baik, khususnya terkait dengan validitas dari Usaha Kesehatan Sekolah sebagai ruang implementasi catatan rekam medis siswa.


Keywords


Narkoba; Desain Formulir Kesehatan; Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Cahyadi, Mugiono. 2019. Implementasi Kebijakan Pencegahan Narkoba di Kalangan Pelajar di Kota Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa.

Alamsyah, Ichsan Emerald. 2019. BNN: Tingkat Prevalensi Penyalahgunaan Narkoba Meningkat. Republica.Co.Id. https://nasional.republika.co.id/berita/q2twc9349/bnn-tingkat-prevalensi penyalahgunaan-narkoba-meningkat.

Meiliana, Diamanty. 2019. BNN: Penyalah Guna Narkoba di Indonesia Naik 0,3 Persen. Kompas.Com. https://nasional. kompas.com/read/2019/12/06/ 06052331/bnn-penyalah-guna-narkoba-di-indonesia-naik-003-persen.

Hidayat, Safril dan Wawan Gunawan. 2017. Proxy War dan Keamanan Nasional Indonesia: Victoria Concordia Crescit. Jurnal Pertahanan dan Bela Negara. Vol. 7. No. 1. (Hal 1).

Stillman, Mike. 2008. Proxy Wars: The Business of War. Bloomington, Indiana: Trafford on Demand Pub.

Budiono, Muhammad Arif & Muji Sulistyowati. 2013. Peran UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) dalam Penyampaian Informasi Kesehatan Reproduksi terhadap Siswa SMP Negeri X di Surabaya. Jurnal Promkes. Vol. 1. No. 2. Desember 2013:184-191.

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v5i4.269

Article Metrics

Abstract viewed : 20 times
PDF files downloaded : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: http://creativecommons.org/licenses/by/2.0/

Copyright of Jurnal Pengabdian Kesehatan. ISSN: 2614-3593 (Print) and 2614-3607 (Online). 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License