Efektivitas Senam Lansia Terhadap Penurunan Tekanan Darah di Padukuhan Benyo

Muhammad GA Putra(1*), Ahmad Khakhim Makruf(2), Muhammad Vika Wava(3), Anissa Nur Jannah(4), Annisa Rahmatina(5), Alfiana Nur Fitrianti(6), Alifia Fitri Nurr Azizah(7), Dewi Lala Safitri(8), Lathifah Nur Widamayanti(9), Lili Suryani(10), Meti Meti(11), Meyda Avita Dewi(12), Nur Widya Rahmawati(13), Riyanti Novita Sari(14), Siti Naimatul Jannah(15), Sinta Marlina(16)

(1) Universitas Alma Ata Yogyakarta
(2) Universitas Alma Ata Yogyakarta
(3) Universitas Alma Ata Yogyakarta
(4) Universitas Alma Ata Yogyakarta
(5) Universitas Alma Ata Yogyakarta
(6) Universitas Alma Ata Yogyakarta
(7) Universitas Alma Ata Yogyakarta
(8) Universitas Alma Ata Yogyakarta
(9) Universitas Alma Ata Yogyakarta
(10) Universitas Alma Ata Yogyakarta
(11) Universitas Alma Ata Yogyakarta
(12) Universitas Alma Ata Yogyakarta
(13) Universitas Alma Ata Yogyakarta
(14) Universitas Alma Ata Yogyakarta
(15) Universitas Alma Ata Yogyakarta
(16) Universitas Alma Ata Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Padukuhan Benyo merupakan salah satu dukuh yang ada di desa Sendangsari kecamatan Pajangan kabupaten Bantul, Yogyakarta. Kami mahasiswa Universitas Alma Ata yang berjumlahkan 15 orang dari prodi yang berbeda-beda di tempatkan di padukuhan Benyo  untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik ( KKN-T ). Penduduk di Padukuhan Benyo sebagian besar didominasi oleh lansia. Lansia merupakan usia seseorang yang sudah memasuki pada fase akhir kehidupan dan berusia lebih dari 60 tahun. Banyak masyarakat terutama pra lansia hingga lansia mengeluhkan bahwa sering mengalami tekanan darah yang tidak stabil bahkan banyak yang mengalami tekanan darah tinggi ( Hipertensi ). Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi dimana tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg. Tujuan dari kegiatan senam lansia ini untuk menurukan tekanan darah secara bertahap dan perlahan, menstabilkan tekanan darah, dan memelihara tubuh agar lebih sehat dan bugar. Metode pelaksanaan yang diterapkan dalam kegiatan senam lansia yaitu demonstrasi di mulai dengan cara mengajarkan dan memperagakan gerakan senam yang dipimpin oleh pemandu senam yaitu seorang mahasiswa. Kemudian kelompok atau anggota senam yang terdiri dari lansia usia > 50 tahun mengikuti gerakan yang sudah diperagakan. Gerakan senam dan musik sudah di sesuaikan dengan kebutuhan, yang terdiri dari senam hipertensi, senam kebugaran jasmani, dan senam kolesterol. Kegiatan senam lansia dilaksanakan pada tanggal 25 Juni 2022, 08 Juli 2022, dan 01 Agustus 2022 yang terhitung 3 hari yang bertempat di halaman posko KKN-T dan lapangan volly di Padukuhan Benyo. Hasil dari pelaksanaan kegiatan senam dan setelah beberapa kali dilakukan senam lansia secara rutin di Padukuhan Benyo sangat berpengaruh terhadap kesehatan lansia yang meningkat, hasil pengukuran tekanan darah yang normal dan tidak ditemukannya gejala hipertensi lainnya. Sehingga dapat disimpulkan senam lansia dapat menurukan tekanan darah secara bertahap dan perlahan.


Keywords


Lansia; Senam; Hipertensi; Benyo; KKN-T UAA.

Full Text:

PDF

References


Departemen Kesehatan RI (2019). Hipertensi Penyakit Paling Banyak Diidap Masyarakat. Jakarta

Hariawan, H & Tatisina, C M (2020). Pelaksanaan Pemberdayaan Keluarga Dan Senam Hipertensi Sebagai Upaya Manajemen Diri Penderita Hipertensi. Jurnal Pengabdi Masyarakat Sasambo.

Fatimah (2018). Efektivitas Senam Lansia Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Bulu Kabupaten Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Bradley B& K. (2018). Pengaruh Senam Jantung, Yoga, Senam Lansia dan Senam Aerobik dalam Penurunan Tekanan Darah Pada Lanjut Usia Majority. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v6i1.250

Article Metrics

Abstract viewed : 600 times
PDF files downloaded : 591 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: http://creativecommons.org/licenses/by/2.0/

Copyright of Jurnal Pengabdian Kesehatan. ISSN: 2614-3593 (Print) and 2614-3607 (Online). 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License