Penerapan APD (Alat Pelindung Diri) Lengkap Untuk Menunjang Kesehatan Dan Keselamatan Kerja di Pabrik Tahu “Rukun” Desa Dadirejo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati

Gardha Rias Arsy(1*), Anita Dyah Listyarini(2), Emma Setyo Wulan(3), Devi Setya Putri(4), Nila Putri Purwandari(5), Vera Fitriana(6), Serla Lidya(7), Eva Isyeh Wulandari(8)

(1) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(2) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(3) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(4) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(5) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(6) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(7) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(8) ITEKES Cendekia Utama Kudus
(*) Corresponding Author

Abstract


Kesehatan kerja adalah spesialisasi dalam ilmu kesehatan atau kedokteran beserta prakteknya yang bertujuan, agar pekerja atau masyarakat pekerja beserta memperoleh derajat kesehatan yang setinggi-tingginya, baik fisik, atau mental, maupun sosial, dengan usaha-usaha preventif dan kuratif, terhadap penyakit atau gangguan kesehatan yang diakibatkan faktor-faktor pekerjaan dan lingkungan kerja, serta terhadap penyakit-penyakit umum. Yang meliputi sasarannya yaitu manusia dan medisnya. Keselamatan kerja adalah keselamatan yang bertalian dengan mesin, pesawat, alat kerja, bahan, dan proses pengolahannya, landasan tempat kerja dan lingkungannya serta cara-cara melakukan pekerjaan. Keselamatan kerja menyangkut segenap proses produksi distribusi baik barang maupun jasa.  Penerapan penggunaan APD (Alat pelindung diri) penting dilakukan sebagai tanggung jawab pabrik untuk melindungi tenaga kerja dari bahaya keselamatan kerja dan kesehatan. APD tidak hanya digunakan pada petugas rumah sakit atau petugas kesehatan saja, namun setiap karyawan yang bekerja di area pabrik harus menggunaka APD juga. Pengggunaan alat perlindungan diri ini bertujuan untuk melindungi kulit atau badan dari kontak langsung dengan karyawan lain. Alat pelindung diri meliputi sarung tangan, masker, perlindungan mata, topi, gaun dan apron. Salah satu alat perlindungan diri yang digunakan untuk mencegah kontaminasi dengan yang lain adalah minimal penggunaan sarung tangan dan masker.


Keywords


Kesehatan dan Keselamat Kerja; Alat Pelindung Diri

Full Text:

PDF

References


Heryawan, Hari & Ade Heryana (2018) Analisis Penyebab Ketidakpatuhan Penggunaan APD pada pekerja Manual handling PT X Tahun 2018. FKM Universitas Esa Unggul

Sari, C. R. (2012). Hubungan Karakteristik Tenaga Kerja dengan Kecelakaan Kerja. FKM Universitas Airlangga Surabaya.

Ikasari, N., Lantara, D., Chairany, N., & Bella, A. (2018). Analisa Penerapan Alat Pelindung Diri (APD) Terhadap Produktivitas Karyawan Dengan Pendekatan Ergonomi Parsipatori Di Percetakan. Journal of Industrial Engineering Management, 3(1), 271947.

Fridalni, N., & Rahmayanti, R. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Perawat dalam Penggunaan Alat Pelindung Diri. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 11(1), 46-50.

Suma’mur. (2014). Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (Hiperkes). Bandung: Sagung Seto

Notoatmodjo S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Tata Cara Pemberian Program Kembali Kerja serta Kegiatan Promotif dan Kegiatan Preventif Kecelakaan Kerja dan Penyakit Akibat Kerja. Jakarta:Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Ustdatinaker. (2014). Tipe Kecelakaan Kerja di Indonesia Pada Triwulan IV.

Soendoro, Adhityo. (2016). Hubungan Pengatahuan, Sikap, Ketersediaan APD dengan Kepatuhan Pemakaian APD Pekerja Bagian Weaving Pt. Iskandar Indah Printing Textile. Skripsi Ilmiah. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sihombing, FD. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) Pada Pekerja “Stimulasi” di Unit Penderesan PT Socfin Indonesia Tanah Besih Tahun 2014. (Skripsi Ilmiah). Medan: Universitas Sumatera Utara.




DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v5i2.224

Article Metrics

Abstract viewed : 134 times
PDF files downloaded : 119 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: http://creativecommons.org/licenses/by/2.0/

Copyright of Jurnal Pengabdian Kesehatan. ISSN: 2614-3593 (Print) and 2614-3607 (Online). 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License