Efektivitas Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Tentang Kesehatan Ibu Dan Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Di Wilayah Kerja Puskesmas Buleleng I
(1) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
(3) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
(4) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
(*) Corresponding Author
Abstract
Pengetahuan tentang kesehatan ibu dan anak sangat penting bagi ibu hamil. Kelas ibu hamil bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan ibu dan anak yang dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Berdasarkan survei pendahuluan yang dilaksanakan di Puskesmas Buleleng I, masih banyak ibu hamil dengan faktor risiko dan yang belum mengikuti kelas ibu hamil. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan kelas ibu hamil terhadap peningkatan pengetahuan ibu tentang kesehatan ibu dan anak di wilayah kerja Puskesmas Buleleng I. Metode yang digunakan adalah Quasi-Eksperimental dengan rancangan One Group Pre-Post Test. Kegiatan ini dilakukan pada Desember 2022 sampai dengan Februari 2022, dengan teknik Total Sampling dimana jumlah peserta sama dengan jumlah populasi adalah 70 responden. Data dianalisis menggunakan T-test. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa dalam empat kali pelaksanaan kelas ibu hamil, terjadi peningkatan pengetahuan antara sebelum dan sesudah pelaksanaan kelas ibu hamil. Dapat disimpulkan bahwa, kelas ibu hamil efektif terhadap peningkatan pengetahuan ibu tentang kesehatan ibu dan anak di wilayah kerja Puskesmas Buleleng I. Penulis berharap agar kelas ibu hamil dapat rutin dilaksanakan di Puskesmas Buleleng I dengan jumlah ibu hamil yang lebih banyak dan ibu hamil yang belum pernah mengikuti kelas untuk mengatasi permasalahan yang sering terjadi yaitu kematian ibu hamil.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2007. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dinkes Prov. Sultra, 2016. Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2016. Kendari: Dinkes Prov. Sultra.
Hastuti, P.S., Nugroho, H.S., dan Usnawati. 2010. Efektifitas Pelatihan Kelas Ibu Hamil Untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, Keterampilan Dan Kunjungan Antenatal Care. Journal Suara Forikes.
Kemenkes RI, 2016. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016. Jakarta: Kemenkes RI.
Kemenkes RI. 2011. Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI
Notoatmodjo, 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Puskesmas Landawe, 2018. Laporan Bulanan Puskesmas Landawe. Oheo: Puskesmas Landawe.
Santrock. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.
Soetjiningsih. 2007. Tumbuh Kembang Anak. Surabaya: EGC
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian. Bandung: CV. Alfa Beta.
Suririnah, 2009. Air Susu Ibu (ASI) Memberi Keuntungan Ganda Untuk Ibudan Bayi.http://www.infoibu.com
Wahit, Iqbal M dan Nurul C., 2007. Promosi Kesehatan: Sebuah Pengantar Proses Belajar Mangajar dalam Pendidikan. Yogyakarta: GrahaIlmu.
Wawan & Dewi M. 2011. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Cetakan II. Yogyakarta: Nuha Medika.
Wiyati, 2010. Perawatan Ibu Bersalin, Yogjakarta
Dinkes Prov. Sultra, 2016. Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2016. Kendari: Dinkes Prov. Sultra.
DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v5i2.223
Article Metrics
Abstract viewed : 550 timesPDF files downloaded : 1933 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
License URL: http://creativecommons.org/licenses/by/2.0/
Copyright of Jurnal Pengabdian Kesehatan. ISSN: 2614-3593 (Print) and 2614-3607 (Online).