Upaya Penurunan Stress Akademik Pada Anak Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid 19 Melalui Pembelajaran Sistem Coding Membuat Game
(1) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
(3) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Herlambang. (2013). Menaklukan hipertensi dan diabetes. Tugu Publisher: Yogjakarta.
Ardiansyah, M. (2012). Medikal bedah untuk mahasiswa. Diva Press: Jogjakarta.
Tyani, E. S., Utomo, W. dan Hasneli, Y. (2015). Efektivitas relaksasi otot progresif terhadap tekanan darah pada penderita hipertensi esensial, JOM, vol. 2 no. 2,hal. 1068-1075.
Widharto. (2007). Bahaya hipertensi. PT Sunda Kelapa Pustaka: Jakarta.
Kumutha, Aruna dan Poongodi. (2014). Effectiveness of progressive muscle relaxation technique on stress and blood pressure among elderly with hypertension, IOSR Journal of Nursing and Health Science (IOSR-JNHS), vol. 3, issue 4, p. 1-6.
Prasetyo, E., & Wahyuningsih, S. (2014). Pengembangan Model Kebijakan Behaviour Safety Culture dalam Rangka Peningkatan Keamanan dan Kesehatan Lingkungan Kerja. Jurnal Kesehatan Masyarakat (JKM) CENDEKIA UTAMA
Anggraeni, Mekar Dewi dan Saryono. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam bidang kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.
Hromek, R., & Roffey S. Game time: Games to promote social and emotional resilience for children aged 4-14. New South Wales Sage Publ. 2005;
Eryanti, F. (2012). Perbedaan Stres Akademik antara kelompok Siswa Minoritas dengan Mayoritas di SMP WR Supratman 2 medan, Jurnal USU, Vol 7, issue 06, p. 145-162.
Sayekti, E. 2017. Efektifitas Teknik Self-Instruction dalam Mereduksi Stress Akademik pada Siswa Kelas XI MA YAROBI Kec. Grobogan, Kab. Grobogan Tahun 2016/2017, Doctoral dissertation, IAIN Salatiga
Barseli, M., Ifdil, I., Fitria, L. (2020). Stress Akadmeik Akibat Covid-19, Jurnal Penelitian Guru Indonesia, Vol. 5, issue 2, p. 95-99
Nisrinafatin. (2020). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Edukasi Non Formal, 116-122.
Purba SAB. Tingkat stress pada siswa yang bersekolah dengan media daring di madrasah aliyah negeri 2 model medan. Fak Keperawatan Univ Sumatera Utara [Internet]. 2020;4–16. Available from: http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/29092
Anggraini DV. Faktor Penyebab Stress Akademik pada Siswa (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas 4 dan 5 SD Bentara Wacana Muntilan) [Internet]. Vol. 9, Journal of Physical Therapy Science. 2018. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.neuropsychologia.2015.07.010%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.visres.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.humov.2018.08.006%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24582474%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gaitpost.2018.12.007%0Ahttps://doi.org/
Santika RD. Persepsi Pembelajaran Daring Dan Tingkat Stres Pelajar Selama Masa Pandemi COVID-19 di SMA Negeri 3 Sibolga SKRIPSI. 2021;
Bahrodin A, Widiyati E. Tingkat Stres Akademik Siswa Kelas Vi Pada Pembelajaran Tatap Muka ( Ptm ) Terbatas. Semin Nas SAINSTEKNOPAK Ke-5 LPPM UNHASY TEBUIRENG JOMBANG 2021. 2021;2:1–8.
Desmita. Psikologi Perkembangan Persrta Didik cetakan ke-5. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2014.
Gularso D, Suryantari H, Rigianti HA, Martono. Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Anak Usia Sekolah Dasar. J Pendidik Dasar Nusant. 2021;7(1):100–18.
Lowenstein L. Favorite therapeutic activities for children, adolescents, and families: Practitioners share their most effective interventions edited by liana lowenstein. Canada Champion Press. 2011;
Hromek, R., & Roffey S. Game time: Games to promote social and emotional resilience for children aged 4-14. New South Wales Sage Publ. 2005;
Sundayana IM. Efektivitas Pembelajaran Online Pada Pendidikan Tinggi Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19. Ganaya J Ilmu Sos dan Hum. 2020;3(2):433–440.
DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v5i1.192
Article Metrics
Abstract viewed : 530 timesPDF files downloaded : 719 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.