Upaya Penurunan Stress Akademik Pada Anak Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid 19 Melalui Pembelajaran Sistem Coding Membuat Game

Luh Yenny Armayanti(1*), Putu Dian Prima Kusuma Dewi(2), Putu Sukma Megaputri(3)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
(3) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi covid 19 berdampak besar pada tatanan pendidikan di Indonesia. Perubahan pada sistem pembelajaran yang dilakukan secara online/daring memicu stres akademik dikalangan siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan coding membuat game kepada siswa sehingga dapat menurunkan tingkat stress dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan penerapan metode quasi eksperimen one grup pre post test design. Kegiatan ini juga didukung dan di damping Mentor Coding dari timedoors of Singapore yaitu salah satu foundation yang bergerak di bidang pengembangan dan pengenalan programmer pada siswa Indonesia. Tingkat stress diukur menggunakan Kessler Psychological Distress Scale. Hasil kegiatan dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif dan paired t-test untuk mengetahui perbedaan tingkat stress sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Sebelum diberikan perlakuan ditemukan sebanyak 1 (8,3%) dari 12 orang siswa mengalami stres berat, 3 (25,0%) orang mengalami stres sedang dan sisanya masuk dalam kategori tidak stres dan stress ringan. Setelah diberikan perlakuan tidak ada lagi siswa yang mengalami stres berat dan sedang. Satu dari dua belas siswa mengalami stres ringan (8,3%) dan 11 (91,7%) siswa masuk dalam kategori tidak stress. Terdapat perbedaan tingkat stress yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan (p=0,001). Pembelajaran sistem coding membuat game efektif dalam menurunkan tingkat stress siswa dimasa pandemi COVID-19

Keywords


Stres akademik; Anak sekolah; COVID-19; Coding; Game

Full Text:

PDF

References


Herlambang. (2013). Menaklukan hipertensi dan diabetes. Tugu Publisher: Yogjakarta.

Ardiansyah, M. (2012). Medikal bedah untuk mahasiswa. Diva Press: Jogjakarta.

Tyani, E. S., Utomo, W. dan Hasneli, Y. (2015). Efektivitas relaksasi otot progresif terhadap tekanan darah pada penderita hipertensi esensial, JOM, vol. 2 no. 2,hal. 1068-1075.

Widharto. (2007). Bahaya hipertensi. PT Sunda Kelapa Pustaka: Jakarta.

Kumutha, Aruna dan Poongodi. (2014). Effectiveness of progressive muscle relaxation technique on stress and blood pressure among elderly with hypertension, IOSR Journal of Nursing and Health Science (IOSR-JNHS), vol. 3, issue 4, p. 1-6.

Prasetyo, E., & Wahyuningsih, S. (2014). Pengembangan Model Kebijakan Behaviour Safety Culture dalam Rangka Peningkatan Keamanan dan Kesehatan Lingkungan Kerja. Jurnal Kesehatan Masyarakat (JKM) CENDEKIA UTAMA

Anggraeni, Mekar Dewi dan Saryono. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam bidang kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.

Hromek, R., & Roffey S. Game time: Games to promote social and emotional resilience for children aged 4-14. New South Wales Sage Publ. 2005;

Eryanti, F. (2012). Perbedaan Stres Akademik antara kelompok Siswa Minoritas dengan Mayoritas di SMP WR Supratman 2 medan, Jurnal USU, Vol 7, issue 06, p. 145-162.

Sayekti, E. 2017. Efektifitas Teknik Self-Instruction dalam Mereduksi Stress Akademik pada Siswa Kelas XI MA YAROBI Kec. Grobogan, Kab. Grobogan Tahun 2016/2017, Doctoral dissertation, IAIN Salatiga

Barseli, M., Ifdil, I., Fitria, L. (2020). Stress Akadmeik Akibat Covid-19, Jurnal Penelitian Guru Indonesia, Vol. 5, issue 2, p. 95-99

Nisrinafatin. (2020). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Edukasi Non Formal, 116-122.

Purba SAB. Tingkat stress pada siswa yang bersekolah dengan media daring di madrasah aliyah negeri 2 model medan. Fak Keperawatan Univ Sumatera Utara [Internet]. 2020;4–16. Available from: http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/29092

Anggraini DV. Faktor Penyebab Stress Akademik pada Siswa (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas 4 dan 5 SD Bentara Wacana Muntilan) [Internet]. Vol. 9, Journal of Physical Therapy Science. 2018. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.neuropsychologia.2015.07.010%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.visres.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.humov.2018.08.006%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24582474%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gaitpost.2018.12.007%0Ahttps://doi.org/

Santika RD. Persepsi Pembelajaran Daring Dan Tingkat Stres Pelajar Selama Masa Pandemi COVID-19 di SMA Negeri 3 Sibolga SKRIPSI. 2021;

Bahrodin A, Widiyati E. Tingkat Stres Akademik Siswa Kelas Vi Pada Pembelajaran Tatap Muka ( Ptm ) Terbatas. Semin Nas SAINSTEKNOPAK Ke-5 LPPM UNHASY TEBUIRENG JOMBANG 2021. 2021;2:1–8.

Desmita. Psikologi Perkembangan Persrta Didik cetakan ke-5. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2014.

Gularso D, Suryantari H, Rigianti HA, Martono. Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Anak Usia Sekolah Dasar. J Pendidik Dasar Nusant. 2021;7(1):100–18.

Lowenstein L. Favorite therapeutic activities for children, adolescents, and families: Practitioners share their most effective interventions edited by liana lowenstein. Canada Champion Press. 2011;

Hromek, R., & Roffey S. Game time: Games to promote social and emotional resilience for children aged 4-14. New South Wales Sage Publ. 2005;

Sundayana IM. Efektivitas Pembelajaran Online Pada Pendidikan Tinggi Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19. Ganaya J Ilmu Sos dan Hum. 2020;3(2):433–440.




DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v5i1.192

Article Metrics

Abstract viewed : 530 times
PDF files downloaded : 719 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.