Efektifitas Information Processing Models (IPM) Tentang Pencegahan dan Penyebaran Covid 19 Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa SMA Muhammadiyah 2 Mojosari

Lutfi Wahyuni(1*), Tri Peni(2), Agus Haryanto(3), Rudi Hariono(4)

(1) STIKes Bina Sehat PPNI Mojokerto
(2) STIKes Bina Sehat PPNI Mojokerto
(3) STIKes Bina Sehat PPNI Mojokerto
(4) STIKes Bina Sehat PPNI Mojokerto
(*) Corresponding Author

Abstract


Selama masa pademi ini Siswa dituntut untuk belajar meskipun dengan media online (KuLON). Siswa diharapkan tetap mencari informasi terkait pencegahan dan penyebaran COVID-19 yang sedang mewabah. Pemberian informasi bisa di lakukan secara online melalui berbagai media.. Salah satu  cara pemberian informasi yang bisa di gunakan adalah Information Processing Models ( IPM ). Model ini didasari oleh teori belajar kognitif dan berorientasi pada kemampuan peserta didik memproses informasi yang dapat memperbaiki kemampuannya. Model  pembejaran Information Processing Models ( IPM) dimaknai sebagai suatu objek atau konsep yang digunakan untuk merepresentasikan sesuatu hal. Sesuatu yang nyata dan dikonversi untuk sebuah bentuk yang lebih komprehensif, (Rusman. 2014). Tujuan pengabdian masyarakat ini Membuktikan Efektifitas Information Processing Models ( IPM ) tentang Pencegahan dan Penyebaran COVID- 19 terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa SMA Muhammadiyah 2 Mojosari. Desain ini menggunakan rancangan pra eksperimen dengan pendekatan pre post test non control group design Populasi pada penelitian ini berjumlah 113 siswa yang meliputi kelas 1,2 dan 3. Berdasarkan hasil penelitian Tingkat Pengetahuan siswa sebelum di berikan informasi sebagian besar kurang yaitu 62 orang atau 55% dan berdasarkan hasil Post test setelah berikan informasi sebagian besar cukup yaitu 53 orang atau 47%. Hasil Uji Statistik Wilcoxon Signed Ranks Test di dapatkan hasil ? = 0,000 ? = 0,05 sehingga ? < ? berarti H1 diterima yang berarti Ada Pengaruh Information Processing Models (IPM) tentang Pencegahan dan Penyebaran COVID- 19 terhadap Tingkat Pengetahuan siswa, Semakin baik pengetahuan siswa tentang pencegahan dan penyebaran COVID- 19 maka dapat meningkatkan prilaku kesehatan siswa.


Keywords


Information Processing Models (IPM); Pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Astutik, “Data dan Riset Kesehatan daerah Dasar (Riskesdas).” 2013.

WHO, Global Status Report on Road Safety. World Health Oganization, 2019.

M. Faturrohman, Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.

A. K. Budiyanto, SINTAKS 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCT). Malang: UMM Press, 2016.

Rusman, Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.

Masturoh, Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Kementrian Republik Indonesia, 2018.

Mardalis, Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2010.

S. Notoadmojo, Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

M. Faturrohman, Model - model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2017.

M. Thobroni and Mustofa, Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2011.

R. Lubis and Oktaviani, “Gambaran Tingkat Pengetahuan Perawat Di Ruang Rawat Inap Lantai 8B RSUD Koja,” J. Akad. Keperawatan Husada Karya Jaya -, 2015.

Wawan A., Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku. Yogyakarta: Nuha Medika, 2011.

A. Budiyanto, SINTAKS 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: UMM Press, 2016.

Kementrian Kesehatan RI, Protokol Percepatan Penanganan Pandemi COVID -19. 2020.

Kementrian Kesehatan RI, Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Corona Virus Disease (COVID-19). 2020.




DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v5i4.176

Article Metrics

Abstract viewed : 22 times
PDF files downloaded : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: http://creativecommons.org/licenses/by/2.0/

Copyright of Jurnal Pengabdian Kesehatan. ISSN: 2614-3593 (Print) and 2614-3607 (Online). 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License