Implementasi Foot Spa Therapy Dalam Meningkatkan Sirkulasi Darah Area Kaki Pasien Diabetes Melitus

Suyanto Suyanto(1*), Mohammad Arifin Noor(2)

(1) Universitas Islam Sultan Agung
(2) Universitas Islam Sultan Agung
(*) Corresponding Author

Abstract


Diabetes melitus (DM) merupakan salah satu penyakit kronik yang terjadi di seluruh negara di dunia, dan terus menerus mengalami peningkatan jumlah yang signifikan dari tahun ke tahun. Salah satu penyebab terjadinya komplikasi DM pada area kaki disebabkan karena gangguan pembuluh darah. Pembulih darah yang cenderung menyempit dan kaku pada area kaki menyebabkan penurunan oksigen ke sel perifer, hal ini dalam jangka waktu yang Panjang akan menyebabkan terjadinya gangguan penurunan sensasi kaki, terjadi ulkus diabetik. Pengetahuan pasien DM dan keluarga terkait bagaimana menjaga sirkulasi darah pada area kaki cenderung menurun, hal ini memungkinkan resiko komplikasi semakin meningkat. Tujuan dari PKM   ini adalah agar setiap peserta kegiatan dapat meningkatkan kemampuan dalam melakukan foot SPA therapy di rumah.Hasil akhir dari program ini yaitu meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan pasien DM dan atau keluarga dalam melakukan tindakan foot SPA therapy di rumah. Metode  pelaksanaan  kegiatan  dengan  metode  berbasis  kelompok  yang  dilakukan secara komprehensif yang mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perawat melalui pelatihan dan pendampingan. Pengabdian ini dilakukan secara offline dengan memberikan pengarahan secara langsung mengenai tujuan dan cara mempraktekkan foot SPA therapy. Setelah dilakukan pengarahan kemudian dilakukan demonstrasi cara melakukan foot SPA therapy pada kader Kesehatan kelurahan trimulyo. 25 kader terlibat dalam kegiatan ini.  Hasil dari kegiatan ini didapatkan pengetahuan kader mengenai hipertensi, DM dan  cara melakukan foot SPA therapy sebelum dilakukan pengabdian adalah 16 kader (64%) didapatkan pengetahunnya rendah. Setelah dilakukan kegiatan pengarahan dan demonstrasi didapatkan hasil bahwa sebanyak 24 kader (96%) didapatkan pengetahuannya adalah sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada area kognitif seperti peningkatan pengetahuan tentang DM dan hipertensi serta prosedur Foot SPA Therapy.


Keywords


Diabetes Melitus; Foot SPA Therapy

Full Text:

PDF

References


Dochterman, J.M, & Bulechek,G.M.(2004). Nursing intervention classification (NIC).(4th ed). St.Louis: Mosby.

Nasermoaddeli, A. & Kagamimori, S. (2005). Balneotherapy in medicine : A review. Environmental Health and Preview Medicine,10, 171-179.

Nuttal, S.L., Dunne, F., Kendal ,M.J.,& Martin, U. (1999). Age-independent oxidative stress in elderly patiens with non-insulin dependent diabetes mellitus. Q J Med,92, 33-38.

Suyanto , 2017. Pengaruh Terapi Spa Dan Senam Kaki Diabetik Pada Pasien Neuropati Perifer Diabetik. Nurscope. Jurnal Keperawatan dan Pemikiran Ilmiah. 3 (4). 29-37




DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v5i4.173

Article Metrics

Abstract viewed : 16 times
PDF files downloaded : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: http://creativecommons.org/licenses/by/2.0/

Copyright of Jurnal Pengabdian Kesehatan. ISSN: 2614-3593 (Print) and 2614-3607 (Online). 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License