Pencegahan Dampak Perilaku Bullying Terhadap Perkembangan Psikologis Remaja Melalui Edukasi Orang Tua di Desa Purwosari Kecamatan Kwadungan Kabupaten Ngawi

Endri Ekayamti(1*), Dika Lukitaningtyas(2)

(1) Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Ngawi
(2) Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Ngawi
(*) Corresponding Author

Abstract


Bullying adalah perilaku agresif yang disengaja dan dilakukan secara berulang-ulang untuk menyerang orang lain, dan perilaku bullying ini lebih sering terjadi dikalangan remaja. Remaja dengan masa pencarian jati diri memerlukan pendampingan yang tepat supaya tidak terjerumus ke perilaku yang negative. Pembentukan perilaku dan karakter anak bergantung dari pola asuh yang diterapkan oleh orang tua. Apabila anak mendapatkan perhatian dan pendidikan yang baik dari keluarga, maka anakpun akan besperilaku sesuai dengan norma sosial yang berlaku dilingkungannya. Perilaku bullying yang sering terjadi dikalangan remaja di anggap hal yang biasa oleh sebagian orang, padahal apabila perilaku ini terus berlanjut dapat berdampak seriaun terhada perkembangan remaja, baik itu bagi korban, pelaku, dan penonton bullying. Tujuan pengabdian adalah meningkatkan pengetahuan orangtua tentang perilaku bullying dan dampaknya terhadap perkembangan psikologis remaja. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat adalah penyuluhan dengan populasi target adalah orang tua warga desa Purwosari yang memiliki anak di usia remaja sejumlah 54 orang.  Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim pengabdi dari Akper Pemkab Ngawi berjalan lancar Semua peserta antusias di dalam mengikuti kegiatan penyuluhan dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan dari orang tua terkait dengan tindakan bulying dan dampaknya pada remaja. Untuk selanjutnya diharapkan orang tua lebih memperhatikan anak-anaknya yang saat ini sedang berada dimasa pertumbuhan baik secara fisik maupun psikologis.


Keywords


Bullying; Psikologis Remaja; Edukasi Orang Tua

Full Text:

PDF

References


Wulandari, V., & Nurwati, N. (2018). Hubungan Kekerasan Emosional Yang Dilakukan Oleh Orangtua Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5 (2), 132. https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.18364

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). INFODATIN Kekerasan terhadap Anak dan Remaja.

Papalia, D., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human Development (Perkembangan Manusia) (edisi ke 10 Buku 2). Jakarta: Salemba.

Yayasan Semai Jiwa Amini, (SEJIWA). (2008). Bullying: Mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan sekitar anak. (Grasindo (ed.)).

Agus. (2012). Pendidikan Karakter Usia Dini (P. Pelajar (ed.)).

Nurhayati, R., Novitasari, D., & Natalia. (2013). Tipe Pola Asuh Orang Tua Yang Berhubungan Dengan Perilaku Bullying di SMA Kebupaten Semarang. Jurnal Keperawatan Jiwa, 1(1), 49–59.

Syofiyanti, Dessy. (2016). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Bullying Remaja. Journal PPKN & Hukum, 11(1). 67-85

Marela, G., Wahab, A., Raymondalexas, C., & Marchira, . (2017). Bullying verbal menyebabkan depresi pada remaja SMA di kota Yogyakarta. Bkm Journal of Community Medicine and Public Health, 33(1), 43–48.

Mintasrihadi, Kharis, A., & Ain, N. (2019). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja. Ilmu Administrasi Publik, 7(1), 44–55.




DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v5i2.168

Article Metrics

Abstract viewed : 53 times
PDF files downloaded : 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: http://creativecommons.org/licenses/by/2.0/

Copyright of Jurnal Pengabdian Kesehatan. ISSN: 2614-3593 (Print) and 2614-3607 (Online). 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License