Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengendalian Dan Pengontrolan Penyakit Tidak Menular : Posbindu Ptm Di Dusun Gunung Cilik Desa Watu Gajah Gedangsari Gunung Kidul

Istianna Nurhidayati(1*), Sri Handayani(2), Ratna Agustiningrum(3)

(1) STIKES Muhammadiyah Klaten
(2) STIKES Muhammadiyah Klaten
(3) STIKES Muhammadiyah Klaten
(*) Corresponding Author

Abstract


Penyakit tidak menular merupakan penyebab kematian utama di dunia. WHO memaparkan 29 juta (80%) kematian  karena penyakit tidak menular terjadi di negara berkembang. Kondisi ini timbul akibat perubahan perilaku manusia dan lingkungan yang cenderung tidak sehat terutama pada negara-negara berkembang. Pada awal perjalanan Penyakit tidak menular seringkali tidak bergejala dan tidak menunjukkan tanda klinis secara khusus sehingga datang sudah terlambat atau pada stadium lanjut akibat tidak mengetahui dan menyadari kondisi kelainan yang terjadi pada dirinya. Tujuan kegiatan ini adalah untukmeningkatkan peran serta masyarakat dalam pengendalian dan mengontrol penyakit tidak menular di dusun gunung cilik Watu gajah gunung kidul.

Kegiatan melibatkan tokoh masyarakat, kader kesehatan dan para penderita penyakit tidak menular di dusun Gunung cilik. Kegiatan dilakukan dengan tiga tahap yaitu sosialisasi, pengorganisasian dan pelatihan kader. Sosialisasi dilakukan untuk mengedukasi masyarakat tentang penyakit tidak menular dan pentingnya Posbindu PTM, pengorganisasian Posbindu untuk membentuk kepengurusan dan pelatihan kader untuk membekali kader dalam pelayanan posbindu. Kegiatan dilaksankan dengan baik dan mendapat respon kooperatif , antusias dan aktif setiap kegiatan dilakukan . pemerintah desa Watu gajah dan Puskesmas Gedangsari  mendukung keberadaan posbindu PTM di dusun Gunung cilik  untuk mengendalikan dan mengontrol penyakit tidak menular.


Keywords


Pemberdayaan masyarakat,kontrol; penyakit tidak menular.

Full Text:

PDF

References


WHO. Regional Office for SouthEast Asia. Department of Sustainable Develo pment and Healthy Environments . Non Communicable Disease : Hypertension. 2011.

Riskesdas. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kese hatan, Republik Indonesia. Jakarta; 2018.

Umayana TH,Cahyati WH. Dukungan Keluarga dan Tokoh Masyarakat terhadap keefektifan penduduk ke Posbindu Penyakit Tidak Menular. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Kesmas 11. 2015

Kemenkes RI, Direktorat jenderal kesehatan masyarakat. Buku pintar kader Posbindu. In Jakarta: Kementrian Kesehatan RI; 2019.

Saputra MH, Muhith A FA. Analisis sistem informasi faktor resiko hipertensi berbasis posbindu di dinas kesehatan Kabupaten Sidoarjo. Pros Semin Nasional. 2017;Seri Ke-1.




DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v4i2.134

Article Metrics

Abstract viewed : 108 times
PDF files downloaded : 91 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: http://creativecommons.org/licenses/by/2.0/

Copyright of Jurnal Pengabdian Kesehatan. ISSN: 2614-3593 (Print) and 2614-3607 (Online). 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License