Upaya Peningkatan Kesehatan Anak Melalui Pencegahan Bullying Pada Anak

Fiki Wijayanti(1), Tina Mawardika(2), Natalia Devi Oktarina(3), Siti Haryani(4*)

(1) Universitas Ngudi Waluyo
(2) Universitas Ngudi Waluyo
(3) Universitas Ngudi Waluyo
(4) Universitas Ngudi Waluyo
(*) Corresponding Author

Abstract


Bullying adalah suatu tindakan atau perilaku yang dilakukan dengan cara menyakiti dalam bentuk fisik, verbal atau emosional/psikologi oleh seseorang atau kelompok yang merasa lebih lemah fisik ataupun mental secara berulang-ulang tanpa ada perlawanan dengan tujuan membuat korban menderita. Perilaku bullying dapat menciptakan suasana lingkungan yang kurang mendukung terhadap perkembangan anak, baik fisik maupun mentalnya. Perilaku bullying yang terjadi berupa fisik dan non fisik/verbal. Bullying ini muncul karena adanya salah paham dan masalah kecil sehingga menimbulkan dampak bagi kesehatan mental korban.

Dampak yang terjadi pada anak yang menjadi korban akan merasa tidak nyaman berada di sekolah, takut, rendah diri, penurunan prestasi akademik, sulit berkonsentrasi bahkan sampai berkeinginan untuk bunuh diri. Untuk itu diperlukan adanya promosi kesehatan tentang dampak perilaku bullying pada anak, untuk menurunkan angka kejadian bullying pada anak.

Pelaksanaan Pengabdian ini dilaksanakan dengan metode pendekatan partisipatif. Sesuai dengan metode pendekatan yang dilaksanakan maka kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan memberikan pendidikan kesehatan tentang pencegahan bullying pada anak yang diberikan kepada siswa di TK-SD Panjang 3 Ambarawa melalui media zoom class meeting


Keywords


Pengabdian masyarakat; Bullying; anak

Full Text:

PDF

References


Hurlock, Elizabeth B. 2011. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang. Kehidupan. Jakarta : Erlangga.

Kpai. 2016. Http://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data-perlindungan-anak.

Nandya, A. B., Putra, I. D. A. D., & Komariah, S. H. (2017). Perancangan Buku Cerita Bergambar Tentang Edukasi Pencegahan Bullying Untuk Anak Sekolah Dasar. eProceedings of Art & Design, 4(3).

Nurrochimawati, Citra Devi. 2016. Implementasi Program Antibullying Di Sd Tumbuh 2 Yogyakarta. thesis, PGSD.https://eprints.uny.ac.id

Suryaningseh, wulan, and mamnu’ah mamnu’ah. 2017.Pengaruh pendidikan kesehatan melalui audiovisual terhadap perilaku bullying pada anak usia sekolah di sd muhammadiyah mlangi gamping sleman yogyakarta. Diss. Universitas' aisyiyah yogyakarta,

Wakhid, Abdul, Nila Sari Andriani, and Mona Saparwati. 2019. Perilaku Bullying Siswa Usia 10-12 Tahun." Jurnal Keperawatan Jiwa 5.1 25-28. Diambil dari jurnal.unimus.ac.id

Yolanda, firna, and gani apriningtyas budiyati. 2020. pengaruh pendidikan kesehatan dengan video edukasi tentag bullying tehadap perilaku bullying pada anak di sd pujokusuman 1 yogyakarta." nursing science journal (nsj) 1.2. 28-37. Diambil dari journal.akperkabpurworejo.ac.id




DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v4i2.133

Article Metrics

Abstract viewed : 35 times
PDF files downloaded : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: http://creativecommons.org/licenses/by/2.0/

Copyright of Jurnal Pengabdian Kesehatan. ISSN: 2614-3593 (Print) and 2614-3607 (Online). 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License