PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG BIJAK MENYIKAPI COVID 19 DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN VIRUS CORONA PADA SISWA SMK ROUDLOTUL HIKMAH GRESIK

Ninik Ambar Sari(1*), Dwi Priyantini(2), Dedi Irawandi(3), Nur Muji Astuti(4), Christina Yuliastuti(5), Imroatul Farida(6), Setiadi Setiadi(7)

(1) STIKES Hang Tuah Surabaya
(2) STIKES Hang Tuah Surabaya
(3) STIKES Hang Tuah Surabaya
(4) STIKES Hang Tuah Surabaya
(5) STIKES Hang Tuah Surabaya
(6) STIKES Hang Tuah Surabaya
(7) STIKES Hang Tuah Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Insiden kasus covid 19 terus bertambah diberbagai negara tidak terkecuali di Indonesia.Tingginya mobilitas penduduk antar daerah merupakan salah satu mata rantai penularan yang sulit diputus. Sampai saat ini vaksin untuk mencegah dan obat khusus untuk mengobati virus corona belum ditemukan. Maka satu-satunya cara paling efektif adalah dengan upayapencegahan yaitu dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat. Metode yang digunakan adalah pendidikan kesehatan yang berisi tentang definisi Covid 19, gejala pasien terkena covid, cara tepat mencuci tangan, etika batuk yang tepat dan cara penggunaan masker yang tepat. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan ada perubahan secara signifikan tingkat pengetahuan tentang konsep covid 19 dan perilaku hidup bersih dan sehat.

 

Keyword : Covid 19, pendidikan kesehatan, perilaku hidup bersih dan sehat


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31596/jpk.v4i1.109

Article Metrics

Abstract viewed : 1107 times
PDF files downloaded : 1111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: http://creativecommons.org/licenses/by/2.0/

Copyright of Jurnal Pengabdian Kesehatan. ISSN: 2614-3593 (Print) and 2614-3607 (Online). 
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License